Elon Musk Autopilot
Sistem autopilot tidak akan pernah sempurna, namun tetap lebih aman

Akhir Maret lalu terjadi sebuah kecelakaan yang melibatkan Tesla Model X dan menyebabkan satu pengemudi tewas. Tesla sebagai produsen mobil tersebut mengonfirmasi bahwa mobil tengah dalam kondisi autopilot yang pada akhirnya menimbulkan pertanyaan terkait keandalan sistem tersebut.

Sang pimpinan perusahaan, Elon Musk menanggapi peristiwa tersebut lewat sebuah interview dengan CBS This Morning. Mantan bos Paypal tersebut mengatakan bahwa sistem autopilot Tesla tidak akan pernah sempurna.

“Ini sangat penting untuk mengingatkan bahwa sistem autopilot kami tidak akan pernah sempurna. Tidak ada sesuatu di dunia ini yang sempurna.” kata Musk menjawab pertanyaan soal insiden Model X.

Namun, Musk yang saat wawancara itu sedang menunjukkan autopilot Tesla Model 3 mengatakan teknologi autopilot tetap memberi keamanan lebih.

“Tapi saya pikir untuk jangka panjang, (autopilot) bisa mengurangi kecelakaan dengan faktor 10. Dengan begitu ada pengurangan 10 korban jiwa dan kecelakaan dan cidera serius. Dan itu adalah perbedaan besar.” lanjut Musk.

Ia juga menyinggung informasi yang beredar bahwa tragedi Model X sedang dalam mode self-driving. Kenyataannya mobil tersebut berada dalam sistem hands-on alias tangan pengemudi harus berada di roda kemudi secara berkala sambil memperhatikan jalan.

“Sistemnya bekerja seperti yang telah dijelaskan, dimana itu adalah hands-on system. Bukan self-driving system,” ujar Musk.

Video lengkap wawancara Elon Musk dengan CBS This Morning: