Tesla Roadster Rocket
Apa jadinya supercar dibekali mesin roket? (credit: Kwebbelkop/Youtube dengan perubahan)

Generasi terbaru dari mobil elektrik Tesla Roadster baru akan meluncur pada 2020 mendatang. Selagi perusahaan fokus pada sisi pengembangan dan manufaktur, CEO Elon Musk memulai wacana gila. Melalui akun Twitter pribadinya, pria berjuluk ‘Iron Man’ ini berencana membenamkan mesin roket pada mobil tersebut.

Opsi Roadster bermesin roket disebut dapat meningkatkan kecepatan, akselerasi, hingga tikungan. Musk bahkan bergurau bahwa mungkin mobil itu bisa terbang. Sementara itu roket yang akan dipakai nantinya dibuat oleh SpaceX yang lagi-lagi adalah perusahaan milik Musk.

“Opsi paket SpaceX untuk Tesla Roadster terbaru akan menyertakan sekitar 10 roket pendorong kecil yang tersusun rapi di sekeliling mobil. Mesin roket tersebut secara dramatis meningkatkan akselerasi, kecepatan maksimum, rem, dan tikungan. Bahkan mungkin bisa membuat Tesla terbang…” kata Musk dalam tweet-nya.

Dalam tweet lain, roket yang dipakai mengusung prinsip composite overwrapped pressure vessel (COPV) dimana tabung gas bertekanan tinggi apabila dikeluarkan dapat menjadi daya dorong tambahan. Mekanisme ini mirip seperti Merlin Engine di upper stage Falcon 9.

Sementara itu, udara dalam gas secara otomatis dipompa kembali saat mobil sedang melaju. Sehingga tidak perlu proses refueling yang sama seperti roket sebenarnya. Mesin roket rencananya akan diletakkan di kursi belakang yang sebenarnya terlalu kecil untuk ukuran orang dewasa sehingga sering disebut “kursi anak-anak”.

Hingga saat ini belum disebutkan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk variasi ‘ekstrim’ supercar bermesin roket. Tesla Roadster sendiri masih dalam wujud prototipe dimana sangat mungkin ada perubahan atau improvisasi di masa mendatang.

Elon Musk memang sering memposting tweet konyol namun pada akhirnya memang menjadi sebuah kenyataan. Contohnya saat ia berniat mengirim Tesla Roadster generasi pertama ke luar angkasa hingga jualan flamethrower untuk penggalangan dana.

Tesla Roadster sendiri baru akan meluncur pada 2020 dengan harga varian dasar $250.000. Bagian paling menjanjikan dari mobil ini ialah akselerasi 0-100 km/jam dalam 1,9 detik dan jarak tempuh hingga 1.000 km sekali pengisian baterai.

Simak video teaser Roadster berikut ini: