Produsen mobil elektrik Tesla sangat erat kaitannya dengan seorang pengusaha dan insinyur bernama Elon Musk. Hubungan antara keduanya sangat lekat, seperti Apple dan Steve Jobs yang selalu diingat meski salah satunya sudah tiada. Kini, pria berjuluk Iron Man tersebut berpotensi lengser dari jabatannya.

Minggu ini Tesla merilis rincian rapat tahunan yang akan dilangsungkan pada Juni mendatang. Beberapa topik di antaranya adalah mengangkat tiga anggota ke jabatan yang lebih tinggi. Namun, secara mengejutkan, nama Elon Musk diajukan untuk mundur dari petinggi Tesla.

Salah satu pemegang saham terbesar, Jing Zhao dari Concord mengajukan voting untuk mengganti Musk yang telah bergabung dengan perusahaan sejak 2004 dan menjadi CEO pada 2008.

Zhao mengatakan Musk terlalu banyak memegang kendali, seperti SpaceX dan SolarCity (Tesla Energy) yang membuat kinerja di divisi otomotif tidak maksimal. Namun ia mengakui di awal kehadirannya, Musk sangat membantu terhadap perkembangan perusahaan.

“Petinggi perusahaan yang independen praktis berlaku di pasar internasional, seperti di Britania Raya. Tidak terkecuali di Amerika Serikat, banyak perusahaan besar telah memulai pimpinan independen. Tesla seharusnya bukan pengecualian.” tulis dalam proposal itu.

Kegagalan Tesla dalam memproduksi mobil listrik murah Model 3 tepat waktu juga menjadi salah satu pertimbangan soal kredibilitas Musk.

Menariknya, para petinggi Tesla tampaknya berseberangan dengan Zhao yang mengajukan proposal tersebut. Mereka mengklaim Musk masih bisa dipercaya untuk memegang kendali sebagai pimpinan tertinggi Tesla.

“Untuk memiliki peluang bertumbuh secara signifikan di masa depan, pengambilan keputusan yang hati-hati sangat diperlukan bagi perusahaan, kami sebagai petinggi percaya bahwa perusahaan masih layak bagi Elon Musk untuk melanjutkan sebagai pemimpin Tesla.” tulis sebuah catatan singkat di dalam rincian rapat.

Terkait bagaimana nasib Elon Musk ke depannya bergantung pada hasil voting rapat yang akan digelar pada 5 Juni mendatang.

[interaction id=”5ae44e67bb7c0adabdac4c5d”]