Tesla Model 3
Tesla Model 3 dikabarkan alami macet produksi (credit: Business Insider)

Mimpi Elon Musk untuk menyediakan mobil listrik murah akhirnya terwujud lewat Tesla Model 3 yang diperkenalkan pada 2016. Setahun setelahnya Tesla menerima setidaknya 400.000 pesanan yang harus diselesaikan segera. Musk lewat akun Twitter-nya menyebut proses produksi akan berjalan secara eksponensial demi memenuhi target.

CEO yang sedang naik daun tersebut menuliskan Tesla akan memproduksi 100 unit pada Agustus, kemudian 1.500 unit pada September, dan diharapkan mencapai 20.000 unit di Desember nanti. Sayangnya para pemesan harus menelan kenyataan bahwa baru ada 260 mobil yang selesai dikerjakan per kuartal III 2017.

Tesla Model 3
Kuantitas hasil produksi yang direncanakan Tesla

“Produksi Q3 mencapai 25.336 kendaraan, dengan 260 di antaranya adalah Model 3.” jelas perusahaan dalam pengumumannya. Tesla berdalih macetnya proses produksi akibat Gigafactory Nevada butuh waktu lebih lama untuk diaktifkan.

Meski demikian Tesla menjamin bahwa tidak ada permasalahan mendasar pada Model 3 maupun suplai bahan bakunya. Pihak perusahaan saat ini tengah menangani masalah bottleneck manufaktur dalam waktu dekat. Di saat yang sama, Model S dan Model X mengalami peningkatan permintaan dibanding periode yang sama tahun lalu.

Musk juga menunda pengerjaan truk elektrik Tesla agar bisa fokus pada Model 3. Jika sesuai target, perusahaan sanggup memproduksi 500.000 kendaraan mulai tahun depan.