Hiu di Pantai
Kehadiran hiu di pantai sering mengkhawatirkan pengunjung

Teknologi drone meledak dan menghasilkan berbagai aplikasi baru untuk membantu manusia. Misalnya pengiriman barang, atraksi hiburan, bahkan militer. Organisasi asal Australia, Ripper Group sedang merancang drone untuk mendeteksi hiu yang membahayakan peselancar.

Dinamakan Shark Spotter, drone ini akan menjadi asisten penjaga pantai yang aktif mengawasi perairan, khususnya dari ancaman hiu. Untuk itu tim pengembang menggunakan GPU dari Nvidia yang dapat membedakan bentuk hiu, peselancar, batu, kapal, dan sebagainya.

Sebelum dilepas, drone harus dilatih untuk membedakan objek secara mandiri. Ripper Group menggunakan video di Youtube sebagai referensi latihan drone. Sistem secara real-time merekam video sambil menganalisa setiap objek yang terekam.

Shark Spotter
Sejumlah perangkat penyelamatan tersemat pada drone

Apabila terdeteksi hiu, drone yang dilengkapi speaker tersebut akan memberikan suara peringatan kepada orang di dekatnya untuk segera ke darat. Selain itu, Shark Spotter dapat melemparkan cairan yang tidak disukai hiu sehingga menjauhi mangsa.

Namun serangan hiu yang pernah terjadi sangatlah langka. Menurut International Shark Attack Files, kurang dari 500 serangan fatal dari 3.000 sejak 1958. Bahkan ada anggapan bahwa mati diterkam hiu sama langkanya dengan tewas akibat jatuh dari tempat tidur.

Terlepas dari itu, Shark Spotter setidaknya akan membuat pengunjung pantai lebih merasa aman karena adanya tindakan preventif.