HYBRiX.20
Soal durasi terbang, HYBRiX.20 diklaim sebagai yang terlama di dunia

Rata-rata durasi terbang drone multicopter profesional antara 20 sampai 30 menit. Dengan rentang waktu yang singkat itu, para pilot drone biasanya sudah sedia baterai cadangan saat ingin diterbangkan.

Drone milik Quaternium dilaporkan memecahkan rekor penerbangan terlama di dunia. Dijuluki HYBRiX.20, drone quadcopter ini berhasil mengudara selama 4 jam 40 menit tanpa henti. Pihak pembuat tidak mendeskripsikan secara detil spesifikasi drone tersebut.

Sebelumnya rekor penerbangan terlama yang tercatat dalam Guinness Book of Record adalah milik Spider Drone Security dengan 2 jam, 6 menit, dan 7 detik yang dilangsungkan pada 2015 lalu. Namun Quaternium tampaknya tidak mengundang perwakilan organisasi atau media untuk menjadi saksi atas durasi terbang itu.

HYBRiX.20 Drone
Lengan drone bisa dilepas agar muat dalam ruang yang lebih kecil

Pihak pembuat hanya merilis video drone disandingkan dengan jam yang merujuk pada lamanya terbang. Dalam timelapse tersebut HYBRiX.20 tidak menyentuh tanah selama 4 jam 40 menit. Menariknya rekor ini hanya terpaut 6 menit dari Skyfront Tailwind dengan 4 jam 34 menit.

Menurut halaman Quaternium, drone tetap bisa terbang selama 2 jam dengan muatan maksimal walau kondisi cuaca terburuk sekalipun.

Soal sumber tenaga, drone menggunakan fuel-electric dimana bahan bakar cair dikonversi menjadi listrik untuk dialirkan ke propeler. Jenis energi ini memungkinkan pengisian yang lebih cepat.

HYBRiX.20 telah mendapat dukungan dari European Union Horizon 2020. Belum ada jadwal kapan drone akan dilepas ke pasaran. Tetapi pihaknya berharap drone dapat diaplikasikan untuk keperluan pemetaan, perkebunan, penjagaan, dan lainnya yang membutuhkan durasi terbang panjang.

Video penerbangan HYBRiX.20