Disney Magic Bench
Duduk di bangku bukan lagi sebuah aktivitas yang membosankan

Taman rekreasi Disneyland berisi banyak atraksi dan titik-titik yang menarik untuk dikunjungi. Tidak berhenti pada mode hiburan mainstream, Disney Research mengumumkan prototipe bangku taman yang mampu menghidupkan tokoh tiga dimensi ke hadapan orang yang sedang duduk disana.

Dijuluki Magic Bench, bangku tersebut ditanamkan teknologi Augmented Reality dimana saat seseorang duduk, di sebelahnya akan muncul karakter kartunis yang menghibur. Karakter tersebut dapat muncul dengan skenario berbeda.

Disney Magic Bench
Layar di depan partisipan untuk melihat karakter yang ada di dekatnya

Berbeda dengan AR atau VR yang biasanya hanya dinikmati satu orang dan perlu perangkat tambahan, Disney Research mengatakan siapapun yang berada di area operasi Disney Bench bisa menikmatinya. Namun bukan secara nyata melainkan layar monitor besar yang terpampang di depannya.

Disney menggunakan kamera RGB beserta sensor kedalaman milik Microsoft Kinect secara bersamaan. Kemudian data tersebut diolah dan diintegerasikan dengan animasi. Uniknya, orang bisa berinteraksi dengan karakter itu tanpa bantuan alat apapun. Karakter 3D bisa terhalang oleh orang di depannya, atau menghalangi orang yang dibelakangnya.

Disney Magic Bench
Sistem kerja kamera dan Kinect pada Magic Bench

“Platform ini menciptakan pengalaman imersif dimana orang-orang dapat berinteraksi secara langsung dengan karakter animasi” ujar Moshe Mahler, kepala artis digital di Disney Research. Mahler mengatakan pengunjung bisa mendengar suara saat karakter datang, kemudian duduk di sebelahnya.

Prototipe Magic Bench rencananya akan dipamerkan di SIGGRAPH 2017 pada Minggu mendatang. Sementara itu implementasi dunia nyata belum menemukan tanggal pasti.

Berikut video demonstrasi Magic Bench: