Face ID iPhone X
Face ID belum memenuhi standar keamanan beberapa bank (credit: CNET)

Smartphone iPhone X mengubah cara pengguna berinteraksi melalui teknologi pengenal wajah bernama FaceID. Tidak seperti Android yang bisa dilolosi menggunakan foto, Apple menyematkan kamera kedalaman TrueDepth untuk memetakan kontur wajah dengan akurat.

Walaupun diklaim cukup aman, namun kasus terakhir menunjukkan FaceID dapat dibuka oleh kembaran, anak dari orangtua pemilik smartphone, hingga topeng sederhana.

Laporan dari The Korea Herald mengatakan bahwa sejumlah bank di negara tersebut tidak percaya dengan teknologi FaceID. Daftar bank tersebut antara lain Kakao Bank, K-Bank, Kookmin Bank, Shinhan, IBK, Busan, dan NH Bank.

Keputusan Apple mengganti Touch ID dengan FaceID turut mempengaruhi pengguna iPhone X di Korea Selatan. Mereka harus menggunakan aplikasi tambahan untuk mengautentikasi pembayaran saat bertransaksi.

“Sulit bagi kami untuk mengadopsi teknologi biometrik (iPhone X) secara langsung karena biasanya memerlukan beberapa waktu untuk menjalani prosedur keamanan sebelum menggunakan teknologi baru. Ditambah lagi, teknologi pengenal wajah di ponsel tidak sepenuhnya aman,” kata seorang pejabat Kookmin Bank.

Namun jika Apple membuat pembaharuan yang cukup memadai, sangat mungkin bank akan menerima aplikasi tersebut. Saat ini sejumlah bank di Australia, Kanada, Inggris, dan Selandia Baru telah menyetujui untuk dukungan FaceID.