Mars Rover Concept NASA
Konsep kendaraan berawak untuk ditempatkan di Mars (credit: motor1.com)

Mars menjadi magnet bagi sejumlah perusahaan dan lembaga antariksa baik swasta maupun nasional. Di samping sebagai objek penelitian, planet merah tersebut juga diklaim akan menjadi rumah kedua bagi manusia di saat Bumi telah rusak parah atau dihantam meteor seukuran Meksiko seperti zaman dinosaurus.

Mega proyek antariksa tersebut tentu butuh dukungan masif dari berbagai pihak. Ajang Summer of Mars Festival yang berlangsung di Kennedy Space Center menjadi kesempatan bagi Parker Borthers Concepts bersama NASA memamerkan Mars rover ke hadapan publik.

Kendaraan elektrik tersebut memiliki enam roda yang desainnya secara spesifik ditujukan untuk menjelajah permukaan Mars. NASA menjelaskan Mars Rover Concept akan punya dua fungsi, sebagai eksplorasi sekaligus laboratorium bergerak untuk riset.

Mars Rover Concept NASA
Dengan gaya futuristik dan lekukan tegas, Mars rover mirip dengan Batmobile

Dengan bentuk yang futuristik, rover ini disebut mirip Batmobile dalam film Batman vs Superman. Namun ada pula yang mengatakan lebih identik dengan rover Mars di film The Martian, film yang juga menggambarkan eksporasi manusia di planet keempat dari Matahari tersebut.

Dengan panjang 8.5 meter serta tinggi 3.3 meter, rover dapat mengangkut empat orang sekaligus. Beratnya mencapai 2.7 ton, namun akan sedikit berkurang ketika tiba di Mars mengingat gravitasi disana lebih rendah daripada di Bumi. Kecepatannya dilaporkan mencapai 112 kilometer per jam meski para astronot tidak akan mengemudikannya secepat itu. Dengan kontur tanah Mars yang unik, kecepatannya dibatasi sampai 24 km per jam.

Mars Rover Concept NASA
Di dalam rover sudah ada berbagai instrumen seperti panel surya, sistem komunikasi, dan laboratorium riset

Marc Parker, CEO dari Parker Brothers Concepts mengatakan NASA ikut campur dalam pembuatan rover ini. Beberapa parameter khusus diperlukan agar nantinya sesuai dengan kondisi lingkungan ekstrim di Mars. Misalnya saja ban yang digunakan tidak menggunakan angin untuk menghilangkan resiko kebocoran saat beroperasi.

Meski tampak siap digunakan, Mars Rover Concept hanya prototipe patokan untuk pembuatan rover jenis lain. Sebab rover harus dipecah agar muat saat dimasukan ke dalam roket dan kemudian dirakit kembali ketika tiba. Bukan tidak mungkin Mars rover nantinya akan tampil dengan fisik yang jauh berbeda dengan ini.

Video Mars Rover Concept menampilkan dirinya di Kennedy Space Center: