Tesla Model 3 Hypermiling
Mobil elektrik Tesla Model 3 yang sukses dikemudikan lebih jauh dari kemampuan aslinya (credit: Sean M. Mitchell/Twitter)

Seiring menanjaknya angka penjualan mobil elektrik, banyak dari penggemar kendaraan ramah lingkungan ini menguji jarak tempuh mobilnya di atas dari spesifikasi yang sudah ditentukan. Sebuah Tesla Model 3 berhasil mencapai rekor perjalanan terjauh dalam sekali pengisian baterai usai berjalan lebih dari 32 jam.

Dua orang pengemudi, Sean M. Mitchell dan Erik Strait secara bergantian mengoperasikan Model 3 di dekat Denver Airport, Colorado, Amerika Serikat. Pengujian hypermiling berlangsung di jalanan rata dengan elevasi hanya sekitar 3 meter. Di sisi lain, kecepatan mobil dibatasi antara 30 hingga 50 km/jam demi menghemat konsumsi energi.

Istilah hypermiling marak digunakan oleh konsumen untuk menguji jarak tempuh maksimal kendaraan elektrik apabila dijalankan seefisien mungkin.

Alhasil, Tesla Model 3 tersebut perjalanan 975 km dalam sekali pengisian baterai. Mobil tersebut sejatinya memiliki spesifikasi 354 km untuk versi standar dan 499 km untuk varian yang lebih tinggi. Tentu apa yang dicapai Mitchell dan Strait jauh melampaui angka yang ditulis oleh pabrik.

Menurut Electrek rekor hypermiling sebelumnya adalah 901 km, tidak begitu jauh dari rekor yang ada saat ini. Sayangnya, usai menyelesaikan ‘tugas berat’, mobil tersebut mengalami kerusakan sehingga tidak mau menerima pengisian baterai.

Mitchell pun membawa Model 3 tersebut ke pusat reparasi, namun ia dalam tweet-nya mengatakan saat itu belum buka sehingga harus menunggu sampai besok.

“Pusat reparasi tidak buka hari ini jadi status #Model3 masih menunggu sampai besok. Saya yakin ahli terbaik akan memeriksa (mobil) besok.” kata Mitchell dalam sebuah tweet.

Walaupun bisa mencapai jarak tempuh hingga 2-3 kali lipatnya, Model 3 tidak dirancang untuk berjalan tanpa henti sejauh itu. Sangat mungkin ada komponen yang rusak akibat terlalu ‘lelah’ dalam uji coba hypermiling.

Selain itu, hypermiling tidak bisa dijadikan patokan kemampuan mobil listrik yang sebenarnya mengingat itu ada pada skenario yang sudah di atur dan tidak begitu relevan dengan aktivitas harian.

Mitchell dan Strait sempat merekam video live perjalannya selama sekitar 8 jam di Youtube, sambil membalas sejumlah komentar penonton. Kamu bisa melihatnya berikut ini.