James Webb Space Telescope, Teleskop James Webb, Teleskop Hubble
Impresi teleskop James Webb oleh artis digital (credit: sciencemag.org)

Teleskop Hubble sudah mengabdi sangat lama dan perlu regenerasi untuk menunjang pengamatan di angkasa. Setidaknya 17 negara sudah berkolaborasi menyiapkan pengganti Hubble yang tak lain adalah teleskop James Webb.

Proyek yang dipimpin oleh NASA tersebut menargetkan peluncuran teleskop pada Oktober 2018. Dibanding pendahulunya, James Webb Space Telescope (JWST) mengusung sejumlah instrumen modern yang dapat mengungkap misteri di alam semesta yang belum diketahui jawabannya.

James Webb Space Telescope, Teleskop James Webb, Teleskop Hubble
Ilustrasi perbandingan teleskop berbasis darat, Hubble, dan James Webb

NASA mengumumkan sejumlah fokus pengamatan yang akan dilakukan. Great Red Spot di Jupiter, atmosfer Saturnus, kemiringan rotasi Uranus, pusaran di kutub Neptunus, fenomena di Europa, dan analisa jalur asteroid adalah beberapa target penelitian yang berada di dalam tata surya kita sendiri.

JWST nantinya juga akan mengobservasi planet yang sangat jauh di luar tata surya. Dengan pengamatan ini, para peneliti bisa mendapatkan informasi komposisi planet, atmosfer, dan cuaca di dalamnya. Bahkan eksistensi kehidupan dapat diketahui dari sini.

James Webb Space Telescope, Teleskop James Webb, Teleskop Hubble
James Webb akan mengarahkan instrumennya pada beberapa lokasi di tata surya

Eric Smith selaku Kepala Markas JWST mengatakan ada lebih dari 2.100 pengamatan yang direncanakan. Namun ia juga menambahkan bahwa tidak ada batasan untuk teleskop ini. Mengingat JWST merupakan teleskop internasional, maka saintis dari seluruh dunia boleh menggunakannya.

James Webb Space Telescope, Teleskop James Webb, Teleskop Hubble
Tiap-tiap panel cermin dilapisi emas setebal 1.000 atom

Namun sejatinya JWST akan melakukan “perjalanan waktu”, melihat 13.5 miliar tahun ke belakang saat alam semesta muda terbentuk. Pengamatan melalui spektrum inframerah dapat memberikan gambaran bagaimana galaksi pertama terbentuk. Hal ini sangat penting bagi manusia untuk memahami bagaimana alam semesta bekerja.

James Webb Space Telescope, Teleskop James Webb, Teleskop Hubble
Model skala penuh James Webb

“Dari galaksi pertama setelah Big Bang, mencari jejak kimiawi di Enceladus dan Europa, dan eksoplanet seperti TRAPPIST-1e, Webb akan melihat beberapa hal menakjubkan di alam semesta kita” tutur Smith.

Teleskop James Webb akan meluncur tahun depan dengan menggunakan roket Ariane 5, bertempat di French Guiana. JWST ditempatkan 1.5 juta kilometer dari Bumi dan mengorbit matahari bersama-sama dengan Bumi.