Kamera Google Clips
Google Clips tidak mendapat respon positif

Bersamaan dengan peluncuran Pixel 2, Google semakin invasif dengan merilis kamera mini Google Clips yang dilengkapi kecerdasan buatan untuk mengabadikan momen penting. Kamera ini bisa mengenali wajah yang familiar dan fokus mengambil pada objek itu. Pada dasarnya kamera Google Clips bertujuan untuk memudahkan pengguna mengambil gambar tanpa smartphone.

Namun kehadirannya justru menjadikan Google sasaran kritik. Kamera tersebut tidak memiliki fungsi unik yang membedakannya dengan kamera lain, justru lebih terlihat sebagai kamera pengintai yang terus aktif memantau siapapun di hadapannya.

Menyenangkan atau menyeramkan?

Kamera Google Clips

Itulah pertanyaan kritis yang disampaikan warganet. Alih-alih menyematkan AI untuk mengenali objek atau momen penting, kamera dapat aktif dengan sendirinya. Jika ditempatkan di tempat yang salah, Google Clips justru melanggar privasi seseorang. Tentu kamu tidak mau direkam saat sedang berganti pakaian, bukan?

Atas dasar privasi inilah banyak yang menyebut Google Clips sebagai perangkat mata-mata yang menyeramkan. Kritik yang sama juga diterima Google Glass dengan fitur kamera selalu aktif. Di sisi lain kamera ini memiliki klip yang dapat disematkan pada pakaian, seolah mereka ingin mengetahui aktivitas penggunanya sehari-hari.

Harga dan kualitas berbanding terbalik

Kamera Google Clips

Google Clips disebut-sebut sebagai produk terburuk dari Google. Pasalnya kamera tersebut hanya memiliki frame rate video 15 fps, membuat hasilnya menjadi tidak halus. Kamera seharga Rp 500 ribu milik Foxshot bahkan punya kemampuan lebih baik dari itu. Di sisi lain memori penyimpanan hanya 16 GB dan tidak tersedia slot microSD.

Di sektor ketahanan, durasi merekam video smart capture hanya berkisar 3 jam sebelum akhirnya harus diisi kembali melalui USB. Hasil video bisa dilihat di smartphone yang terhubung melalui WiFi atau Bluetooth. Sayangnya tidak ada kemampuan spesial dari aplikasi tersebut, hanya sekedar menampilkan rekaman saja.


Jika kamu tertarik untuk membelinya dan tidak khawatir dengan isu mata-mata, kamu bisa mendapatkan Google Clips seharga Rp 3,3 juta per unitnya. Tertarik?