iPhone X Teardown, iPhone X Price
Kesan premium pada iPhone X akan berubah ketika melihat harga kompkennya (credit: iFixit)

Jagat internet tidak mampu membendung lagi popularitas iPhone X yang dirilis pada 12 September lalu. Fitur Animoji, FaceID, dan layar super lebar menjadi daya tarik sendiri, khususnya bagi pecinta produk Apple.

Namun kita semua tahu, bahwa Apple terkenal sebagai perusahaan yang menarik keuntungan paling besar dari produknya. Tidak terkecuali, iPhone X.

Smartphone tersebut dijual seharga $999 USD atau berkisar Rp 13 jutaan. Sementara beberapa di antaranya sudah masuk ke sejumlah retail maupun toko online di Indonesia dengan harga yang cukup mencengangkan, yakni di atas angka Rp 20 juta. Tidak mengherankan sebab ada penambahan biaya pajak, pengiriman, dan sebagainya.

Menurut sebuah analisa TechInsights yang dirilis Reuters, komponen pada iPhone X hanya seharga $357,5 atau setara Rp 4,8 juta. Dengan demikian Apple menerima keuntungan kotor setidaknya 64 persen dari setiap penjualan unit smartphone unggulannya tersebut.

Salah satu analis di TechInsights, Al Cowsky mengatakan Apple adalah perusahaan elektronik yang unik dimana mereka mampu menawarkan harga premium sekalipun dijual melalui pihak ketiga seperti operator telekomunikasi.

Menurutnya, Apple berusaha menjaga harga jual tetap tinggi lewat penambahan fitur dan perubahan desain. Misalnya layar Super AMOLED yang merupakan “pinjaman” Samsung mematok biaya sekitar Rp 900 ribu. Sedangkan kerangka baja tahan bengkok ikut andil dalam penambahan harga hingga Rp 500 ribu.