Ford Eksovest
Eksoskeleton diharapkan dapat meningkatkan produktivitas kerja

Produsen mobil Ford melakukan kerjasama dengan Ekso Bionics dalam rangka uji coba eksoskeleton bernama EksoVest untuk karyawan di sektor perakitan. Eksoskeleton tidak dikenakan di seluruh tubuh, melainkan hanya dari pinggang ke atas.

Menurut Ekso Bionics, penggunaan alat ini dapat mengurangi kelelahan pada pundak, lengan, dan punggung. Sekaligus mereduksi angka insiden saat bekerja. Setiap lengan karyawan mendapat “kekuatan” tambahan untuk mengangkat beban hingga 7 kilogram. Namun berat keseluruhan eksoskeleton hanya sekitar 4,3 kilogram.

Ford Eksovest
Rata-rata pekerja melakukan gerakan repetitif sebanyak 1 juta kali per tahun

Saat ini teknologi tersebut diujicobakan di dua pusat perakitan mobil di Amerika Serikat. Rencananya akan ekspansi ke wilayah lain seperti Eropa dan Amerika Selatan.

“Kerjasama dengan Ford memungkinkan kami untuk menguji dan memperbaiki prototipe awal EksoVest berdasarkan aplikasi langsung dari pekerja di lini produksi mereka,” kata Russ Angold, salah satu pendiri Ekso Bionics.

Dirinya berharap alat ini dapat mengurangi kelelahan, potensi cidera, dan meningkatkan produktivitas. “Hasil akhirnya adalah untuk mengurangi ketegangan pada otot, mengurangi kemungkinan cidera, dan membantu pekerja merasa lebih ringan seusai bekerja yang pada akhirnya meningkatkan produktivitas dan moral.” tutupnya.

Penggunaan EksoVest oleh karyawan Ford dapat kamu lihat pada video berikut: