Hydrogen One
Untuk pertama kalinya RED berencana merilis smartphone yang menggunakan layar hologram

Manufaktur kamera terkenal, RED Digital Cinema baru saja mengumumkan produk smartphone perdananya. Dijuluki Hydrogen One, smartphone ini akan mengusung kualitas kamera yang tentu saja tidak bisa diremehkan. Bahkan RED berencana membawa teknologi holographic display di platform mobile pertamanya tersebut.

Holographic display atau layar hologram memungkinkan konten dua dimensi bertransformasi menjadi tiga dimensi sehingga lebih interaktif. Namun pihak RED masih belum menunjukkan bagaimana teknologi tersebut tampil.

“Teknologi layar kami sulit dijelaskan sampai anda melihatnya sendiri” ujar Jim Jannard selaku founder RED. Ia memastikan bahwa teknologi layar pada Hydrogen One belum pernah ada sebelumnya. “Ini bukan lenticular, teknologi kualitas rendah yang berkali-kali gagal (seperti Amazon 3D Fire, LG Optimus, dan lainnya)” tulis Jannard di forum RED.

Hydrogen One
Jargon holographic display memang mengundang rasa penasaran, sayangnya tidak ada pemaparan lebih lanjut

RED menyebut juga akan menggunakan algoritma untuk mengubah suara stereo menjadi multi dimensional audio yang lebih nyata. Sama seperti Moto Z, Hydrogen One mengadopsi desain modular sehingga dapat mengganti add-on sesuai kebutuhan. Kemungkinan besar RED akan menyediakan ekstensi untuk keperluan kamera.

Hydrogen One akan tersedia setidaknya pada awal 2018, namun saat ini peminat bisa melakukan pre-order dengan harga Rp 16 juta untuk versi aluminium, dan Rp 21 juta untuk material dari titanium.

Sayangnya RED tidak memberikan banyak detil seputar smartphone ini. Mereka pun tidak bisa menjamin bahwa produknya akan dikirim seluruhnya tepat pada tanggal perilisan. Bahkan ekstensi modular tidak akan tersedia saat peluncuran.

Terlepas dari sikap RED yang seolah masih menutup tirai, kita bisa melihat sedikit spesifikasi dari foto render Hydrogen One. Sisi belakang terdapat kamera besar yang tidak menonjol berada tepat di atas logo perusahaan. Di sisi samping ada semacam grip supaya smartphone mantap saat digenggam.

Smartphone akan memiliki layar 5.7 inci, port USB-C, ekspansi penyimpanan MicroSD, dan port headphone jack 3.5 pada bagian bawah.