Xiaomi Redmi 5A
Si raja smartphone murah siapkan senjata andalan terbarunya

Stigma sebagai smartphone murah telah menjadi identitas bagi produsen ponsel asal China, Xiaomi. Pihaknya baru saja meluncurkan produk entry-level yang akan mengacak-acak pasar smartphone murah, khususnya di kisaran Rp 1 jutaan.

Direktur Manajemen Produk dan Marketing Xiaomi Global, Donovan Sung mengumumkan Xiaomi Redmi 5A yang dijual di Indonesia hanya mematok harga Rp 999.000. Menariknya dengan harga yang sedemikian terjangkau, Xiaomi mengklaim tidak ada smartphone lain yang mampu menyamai spesifikasinya.

Xiaomi 5A dilengkapi beberapa fitur kunci, prosesor Snapdragon 425, RAM 2 GB, ROM 16 GB, layar IPS 5 inci 1280×720 piksel, kamera PDAF 13 MP, baterai 3.000 mAh, dan slot dual SIM yang bisa dipakai bersamaan dengan ekspansi MicroSD.

Xiaomi 5A
Xiaomi menuliskan kamera bakal disertai pengenalan wajah (face recognition)

Spesifikasi tersebut sudah lebih dari cukup untuk memainkan sejumlah game mobile populer, berselancar di internet, multimedia, dan aplikasi sehari-hari.

Smartphone akan berjalan dengan Android 7.1.2 Nougat, bersama dengan antarmuka MIUI 9 yang dikatakan secepat kilat. Menariknya, harga 5A di Indonesia justru lebih murah ketimbang di negeri asalnya, China yang dirilis pada Oktober lalu Rp 1,4 juta.

Menurut CEO Xiaomi, Lei Jun, reduksi harga bisa dilakukan berkat model bisnis yang dimiliki perusahaan. Di samping itu kehadiran partner Lazada, Indosat Ooredoo, Erajaya, dan Qualcomm juga mendukung terciptanya harga rendah tersebut.

Xiaomi 5A Gold
Dengan jeroan yang kurang lebih sama, rata-rata smartphone dibanderol lebih mahal dari 5A

Dengan mematok harga Rp 999.000, Xiaomi 5A bertengger dengan hardware setara Asus Zenfone 2, Lenovo A7000, dan pendahulunya Redmi 3. Dengan performa yang sama, para kompetitor mayoritas melabeli harga antara Rp 2 sampai 3 jutaan. Dengan begitu, mencoba mengejar Xiaomi dengan spesifikasi dan harga yang mirip tentu akan jadi PR besar bagi brand smartphone lain.

Xiaomi Redmi 5A rencananya akan dijual mulai 27 Desember nanti di Lazada, kemudian mengikuti ritel offline setelahnya. Tersedia tiga varian warna, yakni Dark Grey, Gold, dan Rose Gold.