Solar Wallet by Lucca Bozzi
Dompet ini dirancang dengan keamanan tinggi sekaligus pendamping smartphone

Smartphone dan dompet sudah merupakan barang yang wajib dibawa bepergian. Jika kamu tidak membawa uang, setidaknya masih bisa menelepon seseorang untuk menjemput pulang. Solar Wallet mungkin akan menjadi pasangan yang serasi dengan smartphone.

Startup bernama Lucca Bozzi membuat Solar Wallet, dompet bergaya klasik namun memadukan interpretasi modern. Baterai internet sebesar 1.500 mAh dapat menjadi powerbank untuk perangkat seperti smartphone, iPod, dan kamera saku. Kabel pengisian tersedia tiga versi, yakni USB-C, Micro-USB, dan Apple Lightning.

Solar Wallet by Lucca Bozzi
Menggabungkan dompet dengan powerbank dengan harapan pengguna tidak perlu membawa terlalu banyak saat bepergian

Baterai diklaim dapat memberi daya yang cukup untuk memutar video selama 10 jam. Dompet dilengkapi fungsi tracking yang dapat dipantau via aplikasi smartphone. Dengan kata lain jika dompet atau smartphone berjauhan, kamu akan segera menyadarinya.

Untuk mengisi kembali daya dompet dapat melalui panel surya berdaya 50 mA. Walau terlihat modern, namun itu mengharuskan dompet terbuka terus-menerus di luar ruangan untuk memulihkan baterainya. Tenang saja, kamu tetap bisa mengisi daya dengan cara tradisional.

Solar Wallet by Lucca Bozzi
Perlindungan RFID harus diakui sangat diperlukan mengingat kejahatan pencurian sudah merambah ruang teknologi

Solar Wallet mengedepankan desain minimalis dibalut serat karbon. Proteksi RFID memastikan data sensitif dalam dompet tetap aman. Perlu diketahui kejahatan pencurian uang dari rekening bisa dilakukan dengan mengirim sinyal RFID ke target. Pencuri hanya perlu berada di dekat calon korban untuk mengambil informasi dari kartu ATM hingga paspor.

Beberapa kasus pencurian seperti ini biasanya tidak disadari korban. Namun mereka akan terkejut ketika memeriksa saldo rekening yang lenyap begitu saja. Jadi pengaman RFID sangat penting bagi masyarakat era teknologi seperti sekarang.

Solar Wallet by Lucca Bozzi
Dengan jargon smartwallet, dompet ini masih dilabeli harga yang kompetitif

Lucca Bozzi mengadakan crowdfunding di situs Kickstarter dengan menawarkan harga yang jauh lebih murah dibanding saat rilis nanti. Satu unit Solar Wallet patok Rp 1.3 juta hingga Rp 1.6 juta tergantung versi.

Jika penggalangan dana selesai, Lucca Bozzi rencananya akan memulai proses manufaktur massal pada Juni mendatang. Sementara unit yang telah dipesan baru akan tiba di tangan konsumen di akhir 2017. Simak video Solar Wallet berikut: