SpaceX Falcon 9 Launch
Peluncuran Falcon 9 dekat markas gudang roket SpaceX

Kesuksesan SpaceX tidak datang dengan budaya kerja yang biasa saja. Mantan karyawan SpaceX, Josh Boehm menjawab bagaimana suasana bekerja di perusahaan antariksa swasta tersebut.

Boehm mengatakan tidak ada ruang kerja privat di sana. Termasuk sang CEO, Elon Musk juga bekerja secara terbuka dengan karyawannya. Ia turut menyebut komunikasi sangat terbuka, bahkan boleh menghubungi Musk melalui email jika ada sesuatu yang ingin dibicarakan.

Soal jam kerja, SpaceX ternyata cukup ekstrim. “Saya biasa bekerja 12 jam lebih per hari dan banyak karyawan melakukan hal yang sama hingga banyak yang menginap di kantor,” tulis Boehm.

Para karyawan sendiri punya candaan menyindir “Oh, Anda bekerja paruh waktu ya?” untuk mereka yang pulang lebih cepat, sekitar jam 7 malam. Sebutan tersebut ditujukan bagi mereka yang bekerja hanya 50-60 jam per minggu. Sementara jam kerja normal adalah 40 jam per minggu.

SpaceX Iron Man 2
Pabrik SpaceX dimana pernah dipakai sebagai lokasi syuting Iron Man 2 (credit: Bruno Sanchez-Andrade Nuño)

Namun kultur kerja seperti ini bukanlah perintah dari Musk, melainkan inisiatif para karyawan sendiri. Mereka sering melihat Musk yang “gila kerja” sampai tertidur di lantai. Jadi, tidak mengherankan pegawainya mengikuti kerja rodi tersebut.

Boehm mengakui meski punya jam kerja tidak biasa, ia tidak merasa bosan atau tertekan. SpaceX menyediakan fasilitas hiburan yang menarik seperti games, ruang santai, tukang pijat, makanan gratis, hingga tiket nonton film bertema luar angkasa. “Saya diberi tanggungjawab dan kebebasan lebih di SpaceX,” ungkapnya.

Boehm juga sangat merekomendasikan untuk bekerja di SpaceX karena pengalaman kerja yang sangat memuaskan. Satu-satunya alasan Boehm keluar karena ia harus fokus menjalani startup baru miliknya.

Meski begitu, Boehm ingin kembali ke SpaceX suatu saat nanti jika startup miliknya diakuisisi dan ia berharap dapat menolong misi pendaratan manusia di Mars.

Ingin lihat seperti apa fasilitas di SpaceX? Cek video berikut!