Gempa bumi dan tsunami adalah dua bencana alam yang menghantui negara-negara yang dilalui pertemuan lempeng benua, salah satunya adalah Jepang.
Jepang memang dikenal memiliki potensi bencana gempa bumi dan tsunami yang cukup besar akibat letak geografisnya.
Mengantisipasi hal ini, pemerintah Jepang memang terus melakukan tindakan preventif seperti penyuluhan menghadapi gempa bumi, membuat bangunan tahan gempa, dan proses evakuasi korban yang cepat.
Ditambah lagi, pemerintah Jepang bekerjasama dengan salah satu perusahaan yang bermarkas di Washington untuk mengembangkan sebuah bola baja yang diberi nama Survival Capsule (Kapsul Bertahan Hidup).
Survival Capsule
Tahan segala bencana alam karena dibuat dari logam yang tebal.
Sesuai namanya, kapsul ini akan berguna ketika bencana datang. Ia memuat mulai dari yang terkecil untuk dua orang, dan yang paling besar untuk sepuluh orang di dalamnya.
Menurut tim pengembangnya sendiri, Survival Capsul bukan hanya melindungi dari gempa dan tsunami, melainkan juga badai, kebakaran, dan tornado.
Kapsul ini dibuat dengan kerangkat baja dan dibungkus lapisan alumunium yang kuat. Di dalamnya dilapisi juga isolasi panas yang bisa menahan suhu luar hingga 1.100° C namun tetap dingin di dalam kapsul.
Survival Capsule
Dua kursi bergaya racing dilengkapi sabuk pengaman
Bukan cuma kuat dan aman, Survival Capsule dilengkapi beberapa fasilitas seperti kursi, penyimpanan urine, GPS, penyimpanan makanan dan minuman, cadangan oksigen, sistem musik, dan panel surya.
Selain itu, kapsul seberat 136 kilogram ini punya sistem yang membuatnya tetap lurus. Jadi, orang yang di dalamnya tetap dalam posisi tegak meski terombang-ambing di atas air.
Saat ini Survival Capsule tersedia dalam lima versi. Mulai dari model dua orang dewasa berdiameter 1,4 meter dan yang paling besar dengan diameter 2,4 meter untuk 10 orang dewasa.
Nantinya setelah masing-masing komponen kapsul selesai dibuat, akan langsung dikirim ke Jepang untuk dirakit oleh produsen yang dipilih.
Survival Capsule
Perbandingan ukuran Survival Capsule dengan manusia.
Konsep Survival Capsule sebenarnya juga sangat dibutuhkan oleh Indonesia, mengingat negara ini juga dilalui oleh beberapa lempeng dan jalur pegunungan sehingga sering terjadi bencana alam.

 

Sumber: Gizmag