Trend smarthome sejatinya masih berusia muda serta belum banyak yang menggunakannya. Selain butuh perabotan yang tak biasa, proses instalasinya pun lebih rumit.

Ditambah lagi biaya untuk mengubah sebuah rumah biasa menjadi smarthome masih dalam rentang harga puluhan juta rupiah. Hal ini akhirnya membatasi kebanyakan orang untuk memiliki metode smarthome.
Beruntung, teknologi selalu berkembang dan sejumlah nama perusahaan mulai berani unjuk gigi terkait inovasi yang mereka usung.
Kali ini sebuah perangkat kontrol bernama Knocki bisa mengubah rumah kamu menjadi smarthome. Tentunya ia tidak melewati proses instalasi yang rumit.
Lalu, seperti apa Knocki itu?

Kendalikan seisi rumah hanya dengan ketukan

Knocki

 

Ketika perangkat sejenis condong kepada deteksi perintah berupa suara, Knocki justru punya perbedaan yang unik. Ia punya sensor yang bisa mendeteksi getaran dan sebuah ketukan lembut.
Knocki bisa ditempatkan di media datar seperti tembok, meja, kaca, pintu, bahkan lantai. Ada persyaratan khusus agar getaran bisa dirambatkan, media harus cukup padat.
Ketukan yang dibaca oleh perangkat ini bisa diatur. Misalnya 2 ketukan untuk menyalakan lampu, 3 ketukan untuk mematikan alarm, dan sebagainya. Kamu bisa melihat contoh pada sandi morse.
Saat getaran berhasil ditangkap, maka akan langsung didefinisikan sebagai perintah dan diteruskan ke perangkat yang dituju. Misalnya televisi, smartphone, lampu, dan perabotan smarthome lainnya.

Untuk melihat beberapa kemampuan Knocki, tonton video berikut:

 

Berkat konsep baru yang hadir pada Knocki, proses penggalangan dana untuk proyeknya di Kickstarter sukses menembus $600.000 dari target $35.000.
Pihak perancang Knocki memberikan akses crazy early bird dengan harga yang sangat murah, yakni $59 atau Rp 800 ribuan. Knocki akan mulai disebar ke publik pada Desember mendatang.
Kamu yang berencana ingin memiliki smarthome bisa mempertimbangkan Knocki sebagai pilihan hemat.

Sumber: Kickstarter