Sejauh ini, beragam elemen dalam video game dapat dinikmati oleh indera mata dan telinga. Sebuah pendekatan yang sebenarnya sudah cukup untuk membawa atmosfer game dalam dunia nyata, khususnya bagi gamer yang memainkannya.
Akan tetapi industri hardware gaming tidak ingin berhenti sampai disana. Perlu ada media lain yang bisa memaksimalkan penggunaan indera manusia saat mengeksplorasi video game.
Sebuah perusahaan bernama ARAIG (As Real As It Gets) mengembangkan jaket unik yang memiliki sensor tekanan. Jaket ini ditujukan bagi gamer yang memainkan game-game seperti first person shooter (FPS) yang mengandalkan model tubuh manusia sebagai karakternya.

Mekanisme yang Realistis

Dengan Jaket ini, Bermain Game FPS kian Realistis
ARAIG memiliki sejumlah titik sensor yang dapat mendeteksi dimana peluru mengarah kemudian memberi reaksi pada bagian tersebut.
Informasi dikirim dari platform game, kemudian diterima decoder dan menerjemahkannya sebagai lokasi dimana peluru menghantam tubuh. Selanjutnya exoskeleton memberi getaran yang menyerupai peluru ketika menghujam tubuh.
Tidak berhenti sampai disitu, agar semakin realistis maka ditanamkan juga sistem audio. Suara akan dikeluarkan di daerah yang mengenai serangan. Dengan demikian audio terdengar secara 3 dimensi.
Dengan Jaket ini, Bermain Game FPS kian Realistis
Dengan mekanisme seperti ini, kamu tidak sekedar menatap layar dan mendengar dengungan peluru tetapi juga merasakan ‘sentuhan’ dari peluru tersebut.
Tim ARAIG juga menegaskan bahwa penggunaan Oculus Rift juga dimungkinkan demi atmosfer permainan yang terasa nyata.

Sayangnya, Gagal Menggalang Dana

Dengan Jaket ini, Bermain Game FPS kian Realistis

 

Walaupun harus diakui bahwa apa yang dibawakan ARAIG ini cukup menarik, tidak banyak yang ingin memiliki rompi ini.
Dilansir dari halaman penggalangan dana Kicstarter, ARAIG hanya mendapat kucuran dana sebesar $126.625 dari target $900.000. Jumlah tersebut didapatnya dari 484 backers yang juga membeli perangkat ini.
Sungguh disayangkan, bahkan laman penjualan resmi ARAIG belum menyediakan jaket ini. Statusnya masih “To Be Announced” padahal ARAIG sudah memperkenalkan diri sejak 2013.

 

 

Bagi kamu yang ingin memiliki ARAIG, sepertinya harus bersabar menunggu pengumuman resmi kehadiran ARAIG di pasar publik.