Pernah berpikir smartphone Android kamu dapat menjadi mouse atau keyboard komputer? Fitur itu kemungkinan besar akan diboyong pada varian Android P yang direncanakan dirilis tahun ini.

Hal ini diungkap oleh XDA-Developers yang menemukan informasi bahwa Android P mengaktifkan Bluetooth Human Interface Device atau Bluetooth HID. Fitur itu merupakan jembatan untuk menjadikan ponsel Android menjadi perangkat mouse atau keyboard secara instan.

Google diketahui sudah lama membenamkan eksistensi Bluetooth HID sejak 2014. Namun fitur itu dimatikan pada keluaran sistem operasi selanjutnya.

Kemampuan tersebut hanya sebatas menyulap ponsel menjadi mouse (touchpad) dan keyboard layar sentuh. Tidak menjadikan smartphone sebagai otak dari komputer, seperti yang dilakukan oleh Samsung Galaxy S9 dan prototipe Razer Project Linda. Meski demikian, developer dapat memanfaatkannya sebagai alat input dengan instan.

Saat ini memang ada aplikasi di Google Play Store yang menawarkan konversi ponsel ke mouse dan keyboard, namun itu memerlukan proses root yang mana kurang disukai karena menghilangkan garansi dan orisinalitas sistem operasi.

Google dilaporkan memboyong Android P versi developer di ajang Pi Day. Selanjutnya, update untuk konsumen sudah bisa tersedia usai Google I/O 2018.