EverCam
Eufy EverCam hanya perlu sekali pengisian baterai dalam setahun

Kamera pengawas atau sering disebut CCTV memerlukan suplai listrik konstan untuk beroperasi terus menerus. Beberapa produsen menawarkan baterai namun hanya bisa aktif untuk beberapa jam saja. Bekerjasama dengan perusahaan baterai Anker, Eufy Security memperkenalkan CCTV yang dapat beroperasi selama setahun hanya dengan sekali pengisian daya.

Dijuluki EverCam, kamera ini mengandalkan baterai internal berkapasitas 13.400 mAh yang dibuat oleh Anker. Pihak Eufy Security sebagai perancang mengatakan pencapaian ini dapat diraih berkat kemampuan kecerdasan buatan (AI).

Eufy Security EverCam
Kamera terpasang menggunakan mount magnet

Alih-alih menyala konstan, kamera hanya dijalankan saat mendeteksi adanya gerakan dan panas. Kamera terhubung dengan jaringan WiFi rumah untuk mengirim feedback video apabila diperlukan, namun juga tersedia slot microSD untuk menyimpan rekaman. Protokol ini memungkinkan konsumsi energi yang sangat efektif.

EverCam menggunakan mount magnet agar menempel. Uniknya, jika terdeteksi ada yang menggerakkan sudut pandang kamera, pemilik rumah akan mendapat pemberitahuan melalui aplikasi khusus.

Resolusi video berada pada 1080p dilengkapi Infrared, Facial Recognition, Motion Detection, Night Vision, dan mikrofon untuk komunikasi dua arah, semisal dengan orang yang ada di depan pintu rumah.

Eufy EverCam
Tidak perlu khawatir memasang EverCam di luar rumah

Pihak perusahaan tidak lupa membenamkan desain waterproof IP66 sehingga kamera tetap bisa dipakai di luar rumah serta tahan suhu antara -20º C hingga 50º C.

Eufy memperkirakan EverCam sanggup bertahan selama 365 hari untuk penggunaan normal. Pihaknya juga sudah menyiapkan fast charging untuk pengisian yang lebih cepat.

Satu unit EverCam beserta HomeBase dihargai $199 untuk versi early bird atau sekitar Rp 2,7 juta di Kickstarter. Mereka sudah memiliki prototipe yang bekerja dengan baik dan rencananya akan memulai produksi pada Juni 2018 mendatang.

Berikut video promo dari EverCam: