Specdrums
Cincin Specdrums menjadikan permukaan berwarna sebagai instrumen musik

Cincin bernama Specdrums memberikan kesempatan bagi siapapun yang ingin berkreasi dengan musik lewat presentasi visual. Cincin ini dapat dihubungkan dengan smartphone lewat koneksi Bluetooth. Saat cincin mengenai permukaan dengan warna tertentu, ia akan mengirim feedback ke smartphone dan mengeluarkan suara lewat headset.

Specdrums adalah kelanjutan dari Freedrum, alat yang memungkinkan kamu memainkan drum tanpa kehadiran drum fisik. Namun Steven Dourmashkin sebagai perancang Specdrums menginginkan cara baru bermain musik yang lebih mudah dan menyenangkan.

Specdrums
Benda apapun selama memiliki warna dapat dijadikan media untuk berkreasi

“Tapi yang telah kami buat lebih dari sekedar drum, ini adalah instrumen baru yang membuat musik lebih mudah, ramah, dan menyenangkan.” kata Dourmashkin. Dalam beberapa kesempatan demo, Specdrums cukup dinikmati oleh anak-anak tetapi juga membuka ruang bagi orang dewasa untuk berkreasi dengannya.

Specdrums terhubung dengan aplikasi khusus di smartphone Android atau iOS. Output suara direkomendasikan menggunakan headset. Saat diketukkan pada permukaan berwarna, cincin akan mengedipkan LED berdasarkan warna permukaan tersebut.

Specdrums
Kebebasan untuk mengatur suara menjadi salah satu nilai jual utama Specdrums

Pengguna bisa mengatur suara dengan warna secara bebas, contohnya warna merah untuk suara kick-bass, kuning untuk simbal, biru untuk tomtom, hijau untuk snare, dan sebagainya. Meski demikian Specdrums juga menyertakan elemen suara dari alat musik lain seperti piano, gitar, dan lainnya.

Baterai Specdrums dikatakan mampu bertahan selama 2 jam pemakaian, sementara pengisian melalui port micro-USB memakan waktu 30 menit.

Di halaman Kickstarter, Specdrums membuka penawaran versi Super Early Bird seharga Rp 390 ribu. Ketika dirilis ke publik pada Januari 2018 mendatang, harganya akan melonjak hingga Rp 520 ribu. Program crowdfunding masih terbuka hingga 3 minggu ke depan, masih ada kesempatan bagi kamu untuk memilikinya.

Video promosi Specdrums: