Jembatan pada dasarnya adalah media penghubung antar satu tempat dengan tempat lain. Alasan pembuatannya tidak lain tidak bukan adalah untuk memberikan jalur yang nyaman bagi mobilitas.
Namun tampaknya jembatan modern juga memperhatikan kesan estetika dari bentuk jembatan. Mungkin kamu pernah melihat jembatan-jembatan unik dari seluruh dunia.
Kini China patut berbangga sebab proyek jembatan kaca yang dibangun di Zhangjiajie akan memecahkan banyak rekor dunia.
The Zhangjiajie Grand Canyon Glass Bridge merenggang sepanjang 430 meter dan lebar 5 meter. Jembatan ini menggantung di atas ketinggian 300 meter dari permukaan tanah.
Ketika selesai, jembatan kaca ini akan memegang 10 rekor dunia. Beberapa rekor tersebut seperti bungee jump tertinggi di dunia, fitur ayunan tertinggi, termasuk jembatan kaca terpanjang dan tertinggi di dunia, mengalahkan Grand Canyon Skywalk di AS mencakup panjang 21 meter dan ketinggian 219 meter.
China Pecahkan Rekor Jembatan Kaca Terpanjang di Dunia
Sementara itu, fitur bungee jump dan ayunan tidak disarankan untuk yang lemah jantung sebab panjang ayunan sekitar 150 – 170 meter. Bandingan dengan ketinggian Monas yang hanya 130 meter.
Beberapa insyinyur proyek tersebut memastikan jembatan aman beserta fasilitas di dalamnya. Terdapat lebih dari 70 bola kaca masing-masing seberat 750 kilogram untuk mereduksi getaran yang berpotensi merusak struktur.
Kaca pada jembatan ini juga telah lulus tes angin, selip, dan ketahanan suhu. Selanjutnya telah dilakukan 100 pengujian keamanan untuk memastikan jembatan bisa menahan berat 800 orang.
Arsitek jembatan, Haim Dotan mengatakan jembatan juga akan berfungsi sebagai fashion show.
Jembatan ini dikatakan telah rampung 99% dan diperkirakan akan resmi dibuka pada akhir Juni atau awal Juli mendatang.

 

Sumber: The Science Explorer