Liuzhou Forest City
Demi mengatasi masalah kebersihan udara, China mulai membangun kota yang berfungsi ganda sebagai hutan

Kegiatan industri di China yang semakin marak berdampak pada pembangunan pabrik-pabrik yang setiap hari melepaskan gas buang yang berbahaya bagi lingkungan. Ditambah lagi penduduk yang begitu padat membuat udara terasa sesak dan tidak nyaman dihirup.

Kabar baiknya pemerintah China tidak tinggal diam dengan reputasi tersebut. Februari lalu negeri tirai bambu ini mengumumkan pembangunan Nanjing Vertical Forest yang merupakan gedung dengan pepohonan hijau sebagai wajahnya. Kini konsep beraroma sama juga akan diaplikasikan di Liuzhou Forest City.

Liuzhou Forest City
Arsitek Stefano Boeri sebelumnya telah sukses dengan Bosco Verticale di Milan

Arsitek Stefano Boeri kembali dipercayakan untuk merancang proyek ini. Liuzhou Forest City merupakan kawasan apartemen yang bertumpu pada lingkungan hijau. Ya seluruh bangunan akan ditutupi pepohonan dalam skala masif. Dari kejauhan akan tampak seperti bukit yang menjulang tinggi, padahal merupakan bangunan buatan tangan manusia.

Liuzhou Municipality Urban Planning yang bertanggungjawab atas kehadiran proyek ini menyatakan kawasan ini akan menjadi rumah bagi sekitar 30.000 penduduk, dilengkapi dengan kantor, perumahan, hotel, rumah sakit, sekolah, dan beberapa fasilitas wajib yang ada di perkotaan.

Liuzhou Forest City
Udara segar akan jadi nilai jual utama disini

Kota ini nantinya akan dipenuhi pepohonan. Tidak hanya di taman, tetapi juga melekat di semua bangunan. Diperkirakan jumlah pohon mencapai 40.000 dan hampir 1 juta tanaman kecil yang mewakili lebih dari 100 spesies berbeda. Demi memastikan desain ramah lingkungan, sumber energi listrik berasal dari panas bumi dan pada atap bangunan dilapisi panel surya.

Pihak pengembang memperkirakan kota hutan ini akan menyerap hampir 10.000 ton gas karbon dioksida beserta lebih dari 50 ton zat polutan lainnya setiap tahun, ditambah produksi 800 ton oksigen secara rutin.

Liuzhou Forest City
Liuzhou Forest City secara total menerapkan prinsip environmentalist, mulai dari bangunan, energi, hingga lingkungannya

Liuzhou Forest City akan dibangun di utara kota Liuzhou. Kota tersebut direncanakan terhubung dengan jalur kereta cepat dan mobil listrik. Tahap pembangunan telah dimulai dan diharapkan rampung pada 2020 mendatang.