Teknologi pengisian daya nirkabel atau wireless charging sudah ada beberapa tahun lalu. Sementara perangkat magnetis yang mampu membuat benda melayang belakangan ini populer.

Startup asal Kanada menggabungkan wireless charging dengan levitasi magnetis sehingga dihasilkan OvRcharge, pengisian daya yang membuat smartphone kamu dapat melayang, memberi kesan yang unik.

AR Design yang telah berkiprah selama 15 tahun merancang OvRcharge untuk berbagai jenis smartphone mulai dari iPhone, Samsung, Sony, LG, Hawei, HTC, hingga iPad. Kabarnya mereka masih akan terus menambahkan model lainnya.

Cara kerja charger ini tidak berbeda jauh dengan charger wireless pada umumnya. Ia tetap mengandalkan cooper untuk transfer daya, hanya saja kualitas bahan yang digunakan diklaim berkualitas tinggi.

Bodi dasar charger berbentuk kotak dengan dilapisi kayu. Sementara itu untuk magnet yang dipakai berbentuk bulat dan bisa membuat benda seberat 600 gram tetap melayang.

levitating wireless charger
Dilengkapi port untuk menyalurkan daya

Smartphone diberi alas yang telah terintegerasi dengan perangkat penerima daya untuk kemudian disalurkan ke baterai.

Selama proses pengisian, smartphone akan terus berputar dengan lambat. Pengisian berhenti secara otomatis ketika sudah penuh, namun smartphone tetap akan terus berputar sampai kamu mengambilnya.

Antisipasi arus listrik tiba-tiba terputus, OvRcharge terpasang baterai internal yang cukup membuat smartphone tetap melayang selama 4-5 jam namun pengisian otomatis dihentikan.

Satu unit OvRcharge dihargai $199 atau sekitar Rp 2,5 juta untuk versi super early bird. Produk yang tengah melaksanakan crowdfunding ini telah mengumpulkan $52.000 lebih dari target $40.000.

Sumber: Kickstarter