SpaceX Falcon 9 Reused
Roket daur ulang, Falcon 9 meninggalkan Cape Canaveral (credit: SpaceX)

SpaceX kembali catatkan sejarah baru dengan mengirim kargo NASA ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) menggunakan roket yang pernah dipakai sebelumnya alias roket bekas.

Misi berkode Commercial Resupply Services 13 (CSR-13) ini diluncurkan di Cape Canaveral di Florida. SpaceX menggunakan roket andalannya, Falcon 9 yang mana pernah digunakan di misi yang sama pada Juni tahun ini. Begitu pula dengan kapsul Dragon yang sudah dipakai berkali-jali untuk memuat pasokan.

SpaceX Falcon 9 Booster Landing
Roket berhasil mendarat dengan sempurna untuk nantinya digunakan kembali (credit: SpaceX)

Wahana ini membawa perlengkapan yang dibutuhkan astronot seberat 2,5 ton selama tugas di luar angkasa. Kapsul Dragon diisi makanan, subjek penelitian, puluhan ekor tikus untuk studi fungsi otot, hingga bibit gandum yang akan ditumbuhkan di kawasan tanpa gravitasi itu.

Jika diamati secara seksama, bagian bawah roket tampak masih kotor akibat terkena api di peluncuran sebelumnya. Namun tidak ada kerusakan atau masalah selama peluncuran berlangsung. Stage 1 berhasil mendarat di titik yang telah ditentukan, sementara stage 2 melanjutkan perjalanan menuju orbit.

Kapsul Dragon dijadwalkan tiba di ISS dan memulai proses bongkar muat 2 hari setelah peluncuran. Wahana juga akan pulang ke Bumi membawa sampah dan subjek yang sudah diteliti.

Berikut video misi CSR-13 SpaceX yang diluncurkan Jumat kemarin: