Dunia fashion tampaknya tidak ingin ketinggalan era digital, ini dibuktikan oleh Oak Labs yang meluncurkan cermin pintar di ruang ganti sejak hampir setahun lalu.
Dana sekitar $4.1 miliar digelontorkan dalam rangka pendanaan Oak Mirror. Mulai dari pengembangan, uji coba, desain perangkat lunak, hingga akhirnya diterapkan di beberapa tokonya seperti New York, San Francisco, dan Seattle.

Oak Mirror dipasang pada ruang ganti. Cermin ini tak ubahnya layar sentuh pada smartphone. Namun fungsinya sangat spesifik. Ia terintegerasi dengan database berbagai jenis fashion yang tersedia.

Sambil bercermin, kamu bisa memilih baju yang cocok, mulai dari model, warna, dan ukuran. Semuanya dilampirkan sangat detail termasuk biaya yang harus dikeluarkan.

Uniknya, sistem terasosiasi dengan pencahayaan. Pemakainya diizinkan mengatur pencahayaan ruangan dan menampilkan bagaimana baju terlihat dari berbagai jenis kondisi.

oak mirror

Setelah konsumen menentukan fashion yang ia inginkan, karyawan yang bekerja disana difasilitasi iPad untuk memantau produk keinginan konsumen. Setelah itu mengantarkannya dalam kondisi sudah dikemas.

Terkait pembayaran, ada fitur melalui kartu kredit atau debit yang bisa dibayarkan langsung melalui perangkat cermin tersebut.

Investasi yang dilakukan Oak Labs ini tidak main-main, sebab berkat teknologi ini mereka bisa mengetahui produk fashion yang disukai pelanggan. Pada akhirnya keuntungan penjualan bisa ditingkatkan.

Teknologi yang dipakai Oak Labs sekilas mirip pada film-film Hollywood bertema sci-fi seperti misalnya Iron Man.

Berikut video tentang Oak Mirror:

Sumber: Oak Labs