Ultrasound Butterfly iQ
Nantinya akan diaplikasikan di klinik kecil sehingga tidak selalu harus dirujuk ke rumah sakit

Selalu ada solusi yang bisa ditemukan pada smartphone. Tidak hanya dari segi perangkat lunak, tetapi sejumlah aksesoris pendukung kerap memperkaya fitur smartphone. Tidak terkecuali dunia kesehatan yang kini menggunakannya.

Sebuah alat ultrasound portable bernama Butterfly iQ dapat membaca kondisi dalam tubuh dan mengirim data visualnya ke iPhone. Alat ini dapat menggantikan ultrasound besar, khususnya untuk diagnosa 13 aplikasi klinis. Di samping itu karena ukurannya yang kecil, dokter bisa membawanya saat bertugas di lapangan.

Salah satu pasien, John Martin mengatakan Butterfly iQ mempercepat proses diagnosa dari yang dulunya memakan waktu mingguan hingga bulanan, kini bisa diketahui saat itu juga. “Saya merasa ada sesuatu yang geli di leher saya, (lalu saya) hubungkan alat (Butterfly iQ) ke ponsel saya, mengaktifkan ultrasound dan ditemukan ada tumor”, jelas Martin.

Ultrasound Butterfly iQ
Ultrasound Butterfly iQ saat ini hanya tersedia untuk praktisi kesehatan berlisensi

Butterfly iQ diharapkan bisa dijual di bawah $2.000 USD atau kurang dari Rp 27 juta. Untuk alat kesehatan standar, harga ini sangat murah dibanding rata-rata pasaran yang bisa mencapai milyaran rupiah.

Ultrasound ini telah disetujui Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) dan saat ini hanya tersedia untuk praktisi kesehatan, khususnya klinik kecil.

Butterfly iQ sudah membuka pre-order sekarang dan pengiriman baru akan dilakukan pada awal 2018. Perangkat yang didukung antara lain iPhone SE, 6S, 6S Plus, 7, 7 Plus, 8, 8 Plus, dan iPhone X.

Video cara kerja Butterfly iQ: