Facebook Facial Recognition
Teknologi pengenal wajah di Facebook akan cegah akun kloning yang merusak nama baik

Di Facebook, sangat mudah menemukan nama orang yang sama bahkan dengan identitas yang mirip. Hal ini sering terjadi pada tokoh-tokoh terkenal dimana pihak yang tak bertanggungjawab meniru tokoh lain dengan berbagai alasan. Namun umumnya tidak lebih dari motivasi ekonomi.

Facebook baru saja merilis teknologi pengenal wajah (facial recognition) yang mampu mengenali wajah di dalam foto yang diunggah. Jika seseorang mengunggah foto dimana kamu ada di dalamnya, maka Facebook akan mengirim notifikasi bahwa ada foto kamu di postingan yang belum ditag.

Kamu bisa memilih apakah ingin menambah tag, membiarkannya, atau meminta untuk menghapus foto itu jika khawatir akan disalahgunakan. Namun foto harus bersifat publik agar kamu tetap mendapat pemberitahuan.

Facebook Facial Recognition
Pemberitahuan diterima apabila mengaktifkan fitur ini

Fitur pendeteksian ini tidak mengharuskan kamu berteman dengan orang tersebut. Facebook secara otomatis menganalisa setiap foto yang diunggah kemudian memberitahukan kepada pengguna jika wajahnya terdeteksi di kiriman orang lain.

Teknologi ini terlebih dahulu membaca pola wajahmu yang ada di profil, baik foto atau video. Data wajah tersebut kemudian disimpan dan dipakai sebagai pembanding apabila ada unggahan yang identik.

Facebook mengatakan fitur ini akan tersedia di banyak negara, kecuali Kanada dan Uni Eropa tetapi tidak secara spesifik kehadirannya di Indonesia.