Telkom Merah Putih SpaceX
via: SpaceX

Satelit Merah Putih segera meluncur pada 7 Agustus di stasiun peluncuran Cape Canaveral di Florida, menggunakan roket Falcon 9 milik perusahaan antariksa SpaceX. Seperti biasanya, siaran langsung akan dilakukan saat roket akan mengudara.

Video akan disiarkan oleh SpaceX di kanal Youtube resminya dan bisa ditonton oleh semua orang. Beberapa kamera disiagakan untuk mengambil video, termasuk di antaranya kamera on-board alias yang terpasang di roket sehingga kita bisa mendapatkan gambaran udara ketika roket tengah menembus atmosfer Bumi.

Peluncuran akan dilakukan pada dini hari waktu setempat, itu artinya siang di wilayah Indonesia.

Jadwal peluncuran satelit Merah Putih

Satelit Merah Putih yang diinisiasi oleh Telkom ditargetkan meluncur pada 7 Agustus pukul 01:18 dini hari waktu Amerika Serikat. Sementara di Indonesia, jadwal tersebut dikonversi menjadi pukul 12:18 siang WIB.

Perlu dicatat, bahwa SpaceX mungkin mengundur peluncuran atau bahkan membatalkannya jika kondisi cuaca kurang mendukung. Biasanya pengunduran berlangsung maksimal 2 jam dan jika sudah lebih dari itu, maka biasanya diganti lain hari.

Siaran langsung peluncuran satelit Merah Putih

SpaceX sudah menyediakan halaman resmi untuk menyiarkan setiap peluncuran. Namun kamu juga bisa menyaksikannya di situs ini pada akhir artikel.

Kamu juga bisa membuat pengingat sehingga akan mendapat pemberitahuan langsung apabila jendela peluncuran segera dimulai.

Roket Falcon 9 akan mengirim satelit Merah Putih pada zona orbit GTO di ketinggian 35.000 km. Bagian booster akan mendarat di atas platform mengambang bernama “Of Course I Still Love You” di Samudera Atlantik. Baca juga 7 fakta menarik jelang peluncuran satelit Merah Putih.