AdCase iPhone
Casing bernama ADcase diklaim mampu melindungi iPhone dari benturan saat terjatuh

Menjatuhkan ponsel merupakan malapetaka yang menimpa hampir semua orang. Mulai dari goresan kecil, retakan di layar, hingga kerusakan hardware yang memaksa pemiliknya merogoh kocek demi memperbaiki ponsel atau bahkan menggantinya. Beberapa produsen memproduksi case tebal yang berfungsi mengurangi meredam benturan atau membuat smartphone yang memang tahan kondisi ekstrim seperti yang dilakukan CAT S61. Uniknya, seorang penemu muda asal Jerman mempunyai ide yang lebih menarik.

Philip Frenzel, seorang mahasiswa mekatronik berusia 25 tahun memiliki tesis tentang casing smartphone, khususnya iPhone yang berperan sebagai bantalan peredam. Alih-alih menggunakan material khusus, casing buatan Frenzel dilengkapi sistem mekanik yang aktif saat mendeteksi kejatuhan.

Dijuluki Active Damping Case (ADcase), ketebalannya hanya 4,9 mm, dipersenjatai sensor sigap yang dapat mendeteksi jika iPhone sedang terjatuh. Empat buah logam di setiap ujung ponsel akan membuat lengkungan dan berperan sebagai damper. Kamu bisa melihat demonstrasinya dalam video singkat berikut:

Frenzel kini tengah bekerjasama dengan Peter Mayer, seorang lulusan ekonomi untuk mendirikan startup dan membuat penemuannya tersedia bagi komersial. Duo pemuda itu berencana memulai penggalangan dana di Kickstarter bulan depan tanpa perincian soal harga.

ADcase juga dapat digunakan sebagai baterai ekstra alias power bank bagi iPhone, sedangkan pengisian diklaim dapat dilakukan secara wireless. Melalui halamannya, casing ini setidaknya akan tersedia bagi iPhone X, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone 6, dan iPhone 6 Plus.

Bagi kamu yang tertarik dengan casing ini, Sefsed akan menerbitkan kabar terbaru seputar perilisan ADcase. Ikuti perkembangannya melalui Facebook, Twitter, dan Google+ yang update setiap hari.