Google Images Search
Keputusan Google menghapus tombol View Image mengundang protes dari para penggunanya

Google baru saja mengambil langkah tidak populer dengan menghilangkan fitur View Image pada Pencarian Gambar. Meski perubahan ini hanya sebagian kecil dari seluruh komponen yang ada, tetapi dampaknya sangat besar. Pengguna tidak bisa lagi langsung mengakses URL gambar dan mengunduhnya, melainkan harus melalui website penyedia gambar terlebih dahulu, itu pun sering dikunci sehingga tidak bisa diakses.

Keputusan ini tampaknya akan menjadi kebijakan permanen usai berkali-kali raksasa mesin pencari itu mendapat tekanan dari komunitas fotografer, desainer, dan Getty Images.

Google View Image
Tombol “View Image” dapat dipergunakan kembali usai memasang ekstensi khusus

Menariknya, ada cara untuk mengembalikan tombol “View Image” menggunakan ekstensi browser. Google Chrome memiliki fasilitas Chrome Web Store dimana pengguna dapat mengunduh ekstensi berguna untuk membantu aktivitas selancar di dunia maya.

Kamu dapat memunculkan kembali tombol “View Image” dengan cara menginstal ekstensi bernama View Image untuk peramban Google Chrome versi desktop. Ekstensi serupa juga bisa ditemukan untuk Opera.

Kemudian, lakukan pengujian dengan mencari gambar via Google Images. Tombol tersebut akan muncul seperti sedia kala dan fungsinya pun tetap normal.

Sebagai catatan, Google sengaja melakukan ini demi melindungi hak cipta pihak-pihak pemilik gambar. Jika kamu ingin mengambil gambar, pastikan sudah memahami lisensinya seperti kewajiban memberikan credit.