GPU mining
Penambang mata uang digital biasa membuat supercomputer untuk menambang Bitcoin cs (credit: Nathan/Flickr)

Di balik popularitas mata uang digital atau cryptocurrency seperti Bitcoin, terdapat efek signifikan bagi komunitas yang ambil bagian dalam bidang ini. Sebut saja harga VGA yang belakangan membengkak parah akibat permintaan tinggi dari para miner (sebutan penambang mata uang digital) yang biasanya membeli kartu grafis kelas atas dalam jumlah besar. Tidak jarang hingga ratusan unit dalam sekali transaksi.

Namun selain menggunakan VGA, para miner juga memiliki metode lain untuk memaksimalkan pendapatannya. Menurut artikel yang dirilis Wired, sekelompok peretas berhasil menemukan cara untuk menyuntik script mining pada Javascript yang umumnya dipakai pada website. Sebagian pemilik website bahkan memanfaatkan hal ini untuk ‘meminjam’ CPU pengunjung situs untuk menambang Bitcoin cs.

Sah-sah saja jika mereka memberi tahu terlebih dahulu bahwa CPU pengunjung akan sedikit terbebani saat website itu dibuka pada browser. Tetapi dari temuan Sefsed, mayoritas situs tidak memberikan notifikasi tersebut. Secara sepihak, script itu berjalan dan performa komputer akhirnya menjadi korban.

Script Mining Website
Beban CPU melonjak berlebihan, bisa jadi itu ulah script mining

Walaupun tidak ada daftar pasti, tetapi kamu bisa mendeteksi situs-situs yang menggunakan script mining di dalamnya. Caranya dengan memantau CPU Usage dari Task Manager yang ada pada OS Windows. Situs web dengan script mining akan meningkatkan beban kerja CPU cukup signifikan secara konstan sampai situs itu kamu tutup dari browser.

Bagaimana cara menghindari script mining pada website?

Jika kamu tidak ingin performa komputer melambat akibat script mining, kamu bisa mencoba ekstensi browser bernama NoCoin yang dibuat oleh seorang developer bernama Rafael Keradimas. Ekstensi ini akan memblokir semua script mining pada website, namun kamu bisa membuat whitelist apabila ada website tertentu yang diperbolehkan menjalankan script tersebut.

NoCoin tersedia gratis dan dapat dipasang pada browser Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Opera Mini versi desktop (klik masing-masing link untuk mengunduh). Ada pula ekstensi lain untuk Chrome bernama minerBlock.

Sayangnya, script mining juga dapat berjalan pada perangkat mobile (smartphone dan tablet). Perangkat akan cepat panas dan melambat, bersamaan dengan baterai yang terkuras cukup ekstrim. Apabila kamu menemui tanda-tanda tersebut, sebaiknya hindari website seperti itu.

Beberapa pemilik website sengaja menaruh script mining dengan alasan mencari pendapatan untuk mempertahankan kinerja web. Tetapi alangkah baiknya jika kebijakan itu terlebih dahulu diinformasikan kepada pengunjung situs agar mereka tidak kaget dengan performa komputer yang tiba-tiba terjun bebas saat website dibuka.