Speedlite 470EX-AI
Flash kamera terbaru Canon Speedlite 470EX-AI

Flash atau sinar yang dipancarkan dari perangkat kamera memang mendukung pencahayaan, namun seringkali posisi pencahayaan tidak tepat sehingga merusak keindahan hasil foto atau bahkan terlalu terang. Menanggapi masalah ini, Canon mengembangkan flash kamera yang dapat berputar mencari arah pancaran cahaya yang tepat sesuai kebutuhan.

Speedlite 470EX-AI, demikian nama dari flash kamera otomatis tersebut. Perangkat dapat dipasang pada semua varian Canon EOS.

Canon Speedlite 470EX AI - Canon Kembangkan Flash Kamera yang Arahnya Dapat Diubah Otomatis
Contoh perbandingan hasil foto dengan flash langsung dan flash yang dipantulkan

Sembari membidik objek, flash tersebut mengkalkulasi apakah sebaiknya foto diambil dengan flash secara langsung atau dipantulkan terlebih dahulu ke langit-langit atau dinding. Di dalamnya terdapat motor yang mampu mengubah sudut pandang flash ke hampir segala arah.

Apabila pengguna sedang dalam mode landscape maupun potrait, flash secara otomatis berputar menyesuaikan penggunaan. Pengguna pun dapat memilih mode manual, semi-otomatis, dan murni otomatis.

Pihak Canon mengklaim bahwa Speedlite 470EX-AI merupakan flash kamera otomatis pertama di dunia. Rencananya produk ini akan tersedia mulai April mendatang dengan mematok harga $400 atau Rp 5,5 juta.

Selengkapnya tentang Speedlite 470EX-AI bisa kamu tonton pada video berikut ini: