HuskeeCup, Cangkir Kopi Unik, Cangkir Kopi Murah
Kopi dalam bentuk cair dan padat dalam genggaman tangan

Starbucks diperkirakan menggunakan 4 miliar kertas kopi sekali pakai setiap tahun, dan itu baru satu perusahaan saja. Jika digabungkan dengan seluruh perusahaan, angkanya akan sangat fantastis, belum lagi jumlah sampah yang bertambah akibatnya.

Startup asal Sydney, Australia, Huskee mengenalkan inovasi baru untuk cangkir kopi. Dijuluki HuskeeCup, cangkir kopi ini terbuat dari ampas kopi yang telah diolah. Menurut perusahaan sekitar 1.35 juta ton ampas kopi diproduksi setiap tahunnya. Sebagian memang dimanfaatkan sebagai pupuk, namun mayoritas berakhir di tempat pembuangan.

Huskee membeli ampas kopi, kemudian diubah menjadi semacam getah keramik. Getah ini nantinya digunakan untuk membuat HuskeeCup. Walaupun berbahan dasar kopi, tetapi cangkir dikatakan tidak mudah pecah, tahan panas, bisa dicuci, solid, dan dapat didaur ulang.

HuskeeCup, Cangkir Kopi Unik, Cangkir Kopi Murah
Material dari kopi tidak serta-merta membuat air mineral yang masuk menjadi kopi, HuskeeCup bersifat netral

Apakah HuskeeCup mempengaruhi rasa kopi? Perusahaan mengatakan cangkir yang mereka buat tidak menimbulkan perubahan rasa dalam minuman. Dengan demikian kopi yang kamu minum tetap memiliki rasa originalnya.

Terdapat pola sirip di sisi luar cangkir untuk mengurangi panas yang dirasakan tangan dan tidak licin. Material cangkir diklaim dapat menjaga panas lebih lama dibanding keramik standar. Saat ini HuskeeCup menyediakan tiga varian ukuran antara lain 180 ml, 240 ml, dan 360 namun mereka juga berencana merilis varian lain di waktu mendatang.

Di halaman crowdfunding Kickstarter, HuskeeCup ditawari seharga mulai Rp 475.000 untuk 4 buah cangkir varian 180 ml, Rp 517.000 untuk 4 buah cangkir 240 ml, dan Rp 580.000 untuk 4 cangkir 360 ml. Berminat membelinya?