MirraViz
Monitor yang sama, tontonan berbeda

Sebuah keajaiban terjadi di CES 2018. Startup bernama MirraViz menampilkan sistem proyektor unik bertajuk MultiView dimana pengamat bisa melihat dua tontonan berbeda dalam satu layar yang sama, layaknya motion cards.

Terdengar seperti sihir, namun sebenarnya hanya permainan optik semata. Dua buah proyektor menggunakan lensa khusus serta lapisan layar bersifat retro-reflective. Sederhananya, cahaya dari proyektor dipantulkan kembali ke arah sumbernya sehingga hanya bisa dilihat oleh penonton dari sudut pandang tertentu.

MirraViz MultiView menargetkan aplikasi pada home theater, termasuk TV ruang keluarga dan video game. Jadi, kamu tidak perlu lagi rebutan untuk menonton film favorit sebab keduanya bisa dijalankan bersamaan.

Termasuk dalam bermain video game, khususnya mode co-op multiplayer dimana tidak ada lagi pengecilan rasio layar karena harus dibagi dengan pemain lain.

Menurut perusahaan, teknologi ini bisa menampilkan 4 hingga 6 perspektif berbeda. Ukuran layar dapat diperbesar mencapai 97 inci atau 2,4 meter diagonal. Tampilannya pun cukup jernih dan tajam meski di tempat terang.

Produk ini terdiri dari lapisan layar dan lensa proyektor. Kamu bisa menggunakan proyektor yang sudah ada dengan catatan memiliki DLP tinggi. Jika kesulitan memilih proyektor yang tepat, MirraViz menawarkan bundle lengkap seharga $2000 atau Rp 28 juta.

Cek video berikut untuk melihat demonstrasi MirraViz MultiView: