Secara umum, gembok sangat penting keberadaannya. Tentu saja untuk memastikan gerbang rumah, kendaraan, pintu, bahkan tas tetap aman.
Gembok konvensional pada umumnya memerlukan kunci untuk membuka gembok tersebut. Well, cara sederhana ini sudah lazim kita jumpai meskipun masih ada kelemahannya.
Misalnya saja ketika kamu kehilangan kunci padahal sedang buru-buru untuk membuka pintu gerbang rumah. Pasti merepotkan ya. Berangkat dari permasalahan tersebut, sebuah produk gembok yang inovatif memperkenalkan cara baru untuk membuka gembok.
TappLock: Gembok Pintar Pertama dengan Sidik Jari
Canggih, Hanya Butuh Sidik Jari untuk Membuka Gembok Ini
TappLock atau kamu bisa menyebutnya dengan Tapp saja adalah gembok canggih dimana ia memiliki perangkat yang dapat membaca sidik jari seseorang sebagai “kunci” pembukanya.
Gembok ini menjadi jawaban atas masalah klasik pada gembok konvensional seperti kehilangan kunci dan lupa kombinasi kode. Dengan TappLock, kamu cukup menempelkan sidik jari dan gembok akan terbuka.
Cukup berikan 1 detik untuk membuka gembok
Canggih, Hanya Butuh Sidik Jari untuk Membuka Gembok Ini
Lebih tepatnya, hanya butuh 0.8 detik untuk membaca sidik jari sekaligus membuka gembok, ini sekaligus membuatnya menjadi gembok tercepat di dunia.
Bukan cuma itu yang membuatnya menjadi spesial, sensor sidik jari pada Tapp memiliki tingkat keamanan yang sama pada sensor sidik jari iPhone. Mereka memilih sensor FPC 1020 buatan Swedia yang terkenal keakuratannya.
So, sidik jari yang tidak tepat dijamin tidak mampu membuka akses gembok ini.
Tenang saja, jika ada yang mencoba membobol TappLock, kamu akan segera mengetahuinya
Canggih, Hanya Butuh Sidik Jari untuk Membuka Gembok Ini
TappLock ini sepertinya sangat peduli terhadap keamanan pemakainya. Mereka tidak hanya memilih bahan baja yang kuat agar tidak mudah dipatahkan, tetapi sistem anti pencurian yang juga mereka tanamkan.
Gembok akan berbunyi jika ada seseorang yang mencoba membobolnya. Selain itu fitur anti-shimming memastikan benda-benda asing yang berpotensi membuka gembok tidak akan bisa masuk ke dalam.
Memanajemen gembok dengan bantuan aplikasi smartphone

Canggih, Hanya Butuh Sidik Jari untuk Membuka Gembok Ini
Inilah inovasi yang membuat kamu akan tergiur untuk memiliki gembok pintar ini. Kamu bisa berbagi akses gembok dengan teman-teman atau keluarga dengan batas maksimum 200 orang.
Aplikasi ini memungkinkan untuk menyesuaikan waktu, lokasi, dan durasi akses pada masing-masing individu. Kamu juga bisa memantau penggunaan gembok melalui aplikasi ini.
TappLock menyediakan aplikasi yang kompatibel dengan Android, iOS, dan Windows Phone.
Selain tahan air, baterai TappLock sanggup hidup selama 3 tahun sebelum diisi kembali
Canggih, Hanya Butuh Sidik Jari untuk Membuka Gembok Ini
Gembok umumnya selalu berada di luar ruangan, ia harus tahan berbagai kondisi cuaca termasuk hujan. TappLock memastikan perangkat elektroniknya dapat bertahan dari air dan kelembapan karena telah dilapisi bahan kimia khusus.
Dengan menggunakan baterai lithium-ion, TappLock dapat bertahan hingga 3 tahun dalam satu kali pengisian daya. Versi lainnya, yakni TappLock Lite mampu bertahan selama 6 bulan.
Kamu tidak perlu khawatir jika baterai TappLock sekarat, bahkan dalam kondisi 5% saja bisa membuatnya tetap hidup selama beberapa bulan. Notifikasi daya baterai bisa diketahui melalui aplikasi smartphone.

Dalam kondisi darurat, TappLock akan memberikan daya baterainya untuk smartphone kamu

Canggih, Hanya Butuh Sidik Jari untuk Membuka Gembok Ini
Kerennya TappLock, ia dapat berfungsi sebagai pengisi daya smartphone darurat. TappLock memanfaatkan sejumlah tenaga pada baterainya dan disalurkan ke smartphone melalui kabel charger.
Menurut pengembangnya, TappLock bisa mengisi baterai hingga 70% pada rata-rata smartphone yang beredar saat ini.
Gembok pintar ini dibagi menjadi 2 versi yakni TappLock dan TappLock Lite. Masing-masing berada dipatok harga $66 dan $46 yang jika dikonversikan dalam Rupiah tidak melebihi Rp 1 juta. Untuk kamu yang menginginkannya dapat memesan di situs resmi TappLock.
Rencananya gembok dengan Bluetooth ini segera diproduksi massal pada April 2016 serta pengiriman akan dimulai pada September 2016.
Mari kita berdoa agar gembok canggih ini bisa segera tiba di Indonesia dan membuat maling jadi enggan untuk mencuri lagi :p