Moda transportasi modern tidak bisa lagi hanya sekedar fokus pada kuantitas armada, namun juga harus menjawab berbagai problem seperti kemacetan yang kerap melanda kota-kota besar.
Beberapa bulan lalu kita sudah dikejutkan oleh konsep Transit Elevated Bus (TEB) yang dimiliki Tiongkok. Bus ini diklaim anti macet karena bisa melewati semua mobil di bawahnya.
bus anti macet china
TEB menampakan diri di salah satu sudut kota Qinhuangdao
Pada awalnya, kebanyakan orang pesimis terkait ide ini. Namun selang beberapa bulan perkenalannya, kini TEB sudah melewati tahap ujicoba.
Menurut China Xinhua News, TEB melakukan tes perjalanan di kota Qinhuangdao yang terdiri dari tes pengereman dan konsumsi daya.
bus anti macet china
Tak peduli seberapa macet jalanan, semuanya akan dilewati
Bus dengan panjang 22 meter dan lebar 7,8 meter ini menggunakan tenaga listrik sebagai sumber energinya. Kecepatan bus diklaim akan melaju sekitar 60 sampai 80 kilometer per jam yang menjadikannya moda angkutan yang cukup cepat.
Jinchuang Corp sebagai pengembang yang bertanggungjawab atas tugas ini sebelumnya pernah berkata bahwa mereka akan menyelesaikan proyek pada Agustus, dan benar saja terjadi.
Uji coba berjalan sepanjang 300 meter di jalur khusus yang telah dibuat. Sontak ini menjadi pemandangan menarik bagi publik dan media.
bus anti macet china
Bagian dalam bus terlihat begitu lega
TEB-1 yang baru saja menyelesaikan pengujian mampu membawa 300 penumpang. Sementara versi yang dilontarkan dalam konsep bisa mengangkut 1200 penumpang. Kemungkinan besar jumlah tersebut adalah gabungan 4 TEB.
Tebtech yang mendalangi ide ini mengklaim beberapa negara seperti Nigeria, Brasil, Meksiko, Spanyol, Prancis, dan Indonesia tertarik mengadopsi kendaraan tersebut.
Bersamaan dengan pengujian ini, Jinchuang Corp hanya butuh satu tahun untuk mengaplikasikan TEB secara menyeluruh. Itu artinya tak lama lagi warga Tiongkok akan merasakan salah satu bus modern ini.


Sumber: Tech Crunch