iPhone X Face ID
Benarkah iPad usung Face ID? (credit: Apple)

Fitur keamanan berbasis biometrik Face ID adalah ciri khas dari iPhone X yang secara langsung melejitkan namanya. Teknologi pengenal wajah tiga dimensi ini terkenal akan kecepatan dan keakuratannya meski beberapa kali berhasil dibobol, namun untuk ukuran produk perdana, Apple terhitung berhasil.

Melihat keberhasilan ini, sangat mungkin perusahaan juga memboyong teknologi tersebut pada jajaran produknya yang lain. Kira-kira asumsi ini semakin kuat semenjak beberapa rumor terakhir yang mengklaim iPad juga akan mengadopsi Face ID.

Salah satunya adalah kode iOS 11.3 versi beta yang ditemukan oleh Filipe Espósito. Kode itu memperlihatkan Face ID akan dipakai pada “modern iPad”. Sebelumnya developer juga menemukan istilah sejenis pada “modern iPhone” yang akhirnya terwujud pada iPhone X.

iPad Face ID
Kode sumber yang dibuka menemukan bukti kuat soal iPad terbaru

Beberapa tahun terakhir Apple memang gemar menggunakan hardware yang sama baik pada iPhone dan iPad. Jadi, bukan tidak mungkin TrueDepth Camera bakal menyambangi tablet anyar mereka.

Laporan sebelumnya yang dirilis Ming-Chi Kuo dari KGI Securities mengklaim iPad Pro baru yang akan diluncurkan tahun ini tidak disertai tombol home atau Touch ID, mirip seperti iPhone X. Menariknya, rumor lain menyebut iPad Pro itu mengunakan sensor sidik jari bawah layar, tetapi hal itu dengan mudah dibantah karena iPad mengandalkan layar LCD yang mana tidak mendukung teknologi tersebut.

Lantas apakah benar iPad bakal mengusung Face ID? Semoga saja Apple mau membuka rahasianya pada ajang WWDC 2018 pertengahan tahun ini.