Surface Phone
LG dirumorkan ditunjuk sebagai pemasok layar fleksibel untuk ponsel layar lipat Surface Phone (credit: David Breyer)

Setelah kamera ganda, layar edge-to-edge, dan notch, apa lagi yang akan menjadi tren perangkat mobile dalam beberapa waktu ke depan? Meski pertarungan di sisi kemampuan kamera masih cukup sengit, namun bagi sejumlah brand, ponsel layar lipat adalah masa depan. Kita tidak tengah membicarakan produsen seperti Apple, Samsung, atau Huawei, melainkan Microsoft yang dikabarkan sedang ponsel yang bisa dilipat bak layarnya.

Dijuluki Surface Phone, perangkat ini dikabarkan mengadopsi layar fleksibel sehingga bisa dilipat sempurna. Alih-alih menyebutnya sebagai ponsel, produk dari proyek Andromeda itu lebih mirip perangkat komputer, menyusul dari sukses jajaran laptop Surface.

Paten Surface Phone telah bocor ke publik sejak tahun lalu. Beberapa artis 3D mencoba merekonstruksi wujud perangkat berdasarkan ilustrasi di paten serta rumor yang beredar di outlet berita.

Sebagai contoh, berikut adalah hasil render yang dibuat oleh seorang desainer David Breyer.

Bukti kuat dari API Windows 10

Dikutip dari GSMArena, API dari update Windows 10 terbaru memberikan sedikit informasi yang membuat siapapun bisa berspekulasi. Di dalamnya terdapat kode seperti closed, concave, convex, flat, dan full. Dari kata tersebut sangat memungkinkan OS dirancang agar lebih dinamis terhadap perubahan mode, baik dalam kondisi dilipat maupun saat direntangkan.

Surface Phone juga berpeluang mendukung stylus layaknya produk Surface lainnya. Namun tidak seperti kakaknya, Surface Phone punya engsel yang mampu menopang hingga 360 derajat, membuatnya tetap berfungsi sempurna saat dibuka atau ditutup.

Gandeng LG untuk suplai layar OLED

Kedekatan Microsoft dengan LG memang sudah tidak diragukan lagi. Alih-alih membeli lewat Samsung, Microsoft tampaknya lebih tertarik dengan layar OLED buatan LG yang secara umum tidak jauh beda dengan apa yang dibuat Samsung dengan harga sangat kompetitif.

Rumor soal kerjasama dengan LG dapat terlihat dari tweet Panos Panay, pimpinan produk Surface di Microsoft. Ia memposting dua bingkai foto yang disatukan dengan engsel, bersama dengan keterangan ucapan terimakasih kepada LG yang memberi hadiah tersebut.

Menurut sejumlah rumor, Surface Phone akan hadir dengan sistem operasi Windows 10 dan dipersenjatai prosesor Qualcomm Snapdragon 850 pada akhir tahun ini.

Namun yang menimbulkan rasa skeptis adalah keputusan Microsoft untuk membenamkan Windows 10 yang sejatinya dirancang untuk komputer. Perusahaan telah menjajal pendekatan serupa pada varian Lumia yang akhirnya gagal di pasaran.

Terlepas dari itu, sukses tidaknya Surface Phone baru akan terjawab nanti. Di samping itu, Microsoft juga harus berjuang mengimbangi Galaxy X yang dikabarkan mengusung konsep serupa.