Robot Buaya, buaya, kadal raksasa, reptil, hewan reptil
Jika kamu mengira ini buaya sungguhan, maka kamu salah

Kamu yang sering menonton serial terbitan BBC, Planet Earth II mungkin kagum atau bahkan penasaran bagaimana tim dibalik layar mampu menangkap momen dramatis di alam, dimana potensi bahaya bisa datang kapan saja.

Kabar baiknya kru BBC yang bekerja mendokumentasikan kehidupan reptil mendapat bantuan dengan menerjunkan robot reptil yang sangat mirip dengan aslinya.

Dua buah robot reptil dirancang oleh Switzerland’s École Polytechnique Fédérale de Lausanne (EPFL). Keduanya adalah robot buaya dan kadal berukuran cukup besar.

Robot Buaya, buaya, kadal raksasa, reptil, hewan reptil
Tak hanya buaya, mereka juga merancang kadal

EPFL dan BBC bekerja sama untuk memproduksi film dokumenter berjudul Spy in the Wild. Namun di saat yang sama robot yang dibuat dapat dimanfaatkan untuk keperluan saintifik.

Para saintis yang beroperasi di lembaga tersebut berusaha merancang gerakan robot semirip mungkin dengan aslinya. Bahkan untuk keperluan fisik mereka mengandalkan studio di London yang khusus menangani special effects pada film.

Robot Buaya, buaya, kadal raksasa, reptil, hewan reptil
Mengandalkan lab special effects di London untuk membuat kesan kulit yang tampak nyata

Salah satu saintis, Kamilo Melo mengatakan timnya berusaha mempelajari kondisi kehidupan reptil sehingga ‘makhluk’ tiruannya dapat terlihat hidup sebagaimana hewan reptil.

Struktur terbuat dari bahan karbon berbalut logam aluminium. Sementara untuk berjalan mengandalkan prinsip motor yang digerakan motor listrik. Setidaknya terdapat 24 motor yang memastikan robot dapat dikontrol dari jarak 500 meter.

Robot Buaya, buaya, kadal raksasa, reptil, hewan reptil
Berbagai aktivitas bisa dilakukan, termasuk berenang

Robot ini juga dilengkapi kamera dan komputer untuk menangkap momen natural di alam, khususnya di daerah dimana film ini akan dibuat yakni Uganda.

Di samping fokusnya sebagai alat dokumentasi, robot dengan fisik super realistis ini dapat digunakan untuk upaya penyelamatan.

Robot Buaya, buaya, kadal raksasa, reptil, hewan reptil
Pada suhu tinggi baterai terkuras cukup cepat yang akhirnya memaksa tim untuk mengatur kembali desain robotnya

Saat ini mereka menghadapi tantangan terkait cara agar mesin dan baterai robot mampu bertahan pada kondisi ekstrim di Uganda.