Razer Project Linda
Itu bukanlah touchpad model baru, melainkan smartphone

CES 2018 telah menampilkan sejumlah produk teknologi inovatif, namun tak sedikit juga yang aneh. Misalnya konsep laptop gaming milik Razer bernama Project Linda sempat mencuri perhatian.

Laptop tersebut tidak menawarkan hardware gaming teranyar, melainkan memanfaatkan smartphone sebagai dapur pacunya. Benar, Razer Phone yang dirilis beberapa waktu lalu ternyata memiliki fungsi lain yang tak terduga. Tidak heran jika spesifikasinya lumayan tinggi.

Prototipe laptop tersebut memiliki wadah besar yang muat dimasuki smartphone Razer. Saat dipasang, tampilan layar akan menyesuaikan dengan fungsinya. Selain sebagai otak laptop, layar sentuh bisa digunakan sebagai touchpad hingga layar tambahan saat bermain video game.

Project Linda
Dengan absennya jeroan, bobot laptop seharusnya lebih ringan

Pihak Razer juga mengatakan laptop tersebut sudah memiliki baterai sendiri yang mana bisa juga untuk mengisi baterai smartphone.

Kendati menggunakan hardware kelas PC, maka hanya game kelas mobile yang bisa dimainkan dengan Project Linda. Razer pun tidak memberikan banyak detail seputar fitur dan kemampuan dari laptop tersebut.

Ide memanfaatkan mesin smartphone untuk laptop bukanlah yang pertama. Pada 2016 lalu Androminium menciptakan laptop ‘kosong’ Superbook dengan mekanisme pemakaian yang mirip.

Meski di permukaan konsep ini sangat menjanjikan, Razer hanya sebatas memberitahukan soal eksistensi proyek ini. Perusahaan belum mengumumkan kapan Project Linda akan tersedia di pasar.

Tonton video Project Linda berikut: