Bocoran Samsung Galaxy S9
Secara umum, hanya berbeda di penempatan sensor sidik jari (credit: Concept Creator/Youtube)

Peluncuran Samsung Galaxy S9 dan S9+ hanya tinggal beberapa bulan lagi. Berbagai rumor pun semakin punya peran kuat menciptakan persepsi publik tentang bagaimana smartphone flagship itu nantinya. Tidak terkecuali dari segi desain.

Sebuah kanal video Youtube, Concept Creator merilis video render Galaxy S9 dan S9+ yang dibangun berdasarkan bocoran dan rumor terbaru. Dalam video tersebut desain smartphone sangat identik dengan Galaxy S8, namun posisi sensor sidik jari kini ditempatkan di bawah kamera.

Samsung tampaknya tetap mempertahankan port Jack 3.5mm yang sudah tidak lagi dipakai oleh Apple iPhone dan Google Pixel. Tentu ini menjadi prestasi tersendiri bagi perusahaan mengingat tidak mudah membuat smartphone tipis dengan layar edge-to-edge sambil menempatkan port tersebut di salah satu sisinya.

Di bagian kamera, terlihat fitur kamera ganda hanya tersemat pada Galaxy S9+ sedangkan Galaxy S9 tetap dengan satu kamera belakang. Layar membentang hampir memenuhi permukaan depan. Sama seperti pendahulunya, sudut smartphone dibuat melengkung.

Sayangnya video render tersebut tidak menyertakan varian Galaxy S9 “Mini” yang beberapa waktu sempat dirumorkan juga akan dirilis.

Samsung dikabarkan akan menampilkan Galaxy S9 ke publik pada akhir Februari tahun depan di ajang Mobile World Congress 2018 di Barcelona. Kemungkinan besar tidak ada keistimewaan berarti pada smartphone ini, tetapi potensi kuat justru ada di Galaxy X.

Berikut video render oleh Concept Creator: