Oppo R15 iPhone X
Oppo R15 tampak mirip seperti iPhone X (credit: Weibo)

Apple masih terbukti berhasil mendikte pasar. Selain sensor biometrik pengenal wajah Face ID yang kini dikembangkan Huawei, desain iPhone X tampaknya menginspirasi salah satu manufaktur smartphone asal China, yang tak lain adalah sang kembarannya, Oppo.

Persepsi kebanyakan orang yang menganggap Oppo banyak menyontek desain iPhone bisa dibilang masuk akal. Sejak beberapa tahun terakhir, smartphone keluarannya memang mirip dengan besutan Apple. Kini, desain iPhone X dilaporkan hadir pada Oppo R15.

Salah satu pengguna situs microblogging Weibo memposting beberapa foto smartphone Oppo yang tampak mirip dengan iPhone X. Terutama apabila kita berbicara soal bingkai tipis dan daerah hitam di bagian atas layar. Postingan itu juga memperlihatkan varian warna yang tersedia, antara lain Black, Purple, dan Pink.

Oppo R15
Kamera disusun horizontal, tidak seperti iPhone X yang secara vertikal (credit: Weibo)

Menurut Gizmochina, handset ini akan membenamkan prosesor Qualcomm Snapdragon 670 yang merupakan kelas menengah-atas. Prosesor ini baru diperkenalkan pada Mobile World Congress 2018 kemarin dan diklaim akan segera dirilis dalam waktu dekat.

Kelebihan dari prosesor ini terletak pada komputasi gambar hasil pemotretan. Oppo R15 memiliki dua kamera belakang horizontal yang masing-masing 22,6 MP dan 13 MP. Sementara hanya ada satu kamera depan bersebelahan dengan speaker. Cukup jelas bahwa smartphone ini tidak mengusung pengenal wajah sekelas iPhone X.

Dengan desain layar sedemikian rupa, Oppo sudah pasti menggunakan layar OLED, tetapi belum ada informasi soal resolusi layar tersebut.

Oppo R15 sudah menerima sertifikasi 3C dari otoritas setempat, menandakan bahwa smartphone ini akan segera dirilis dalam waktu dekat. Terkait harga, tidak ada detil manapun yang menyebutkannya sampai saat ini. Namun, dari spesifikasi yang berhasil ditemukan, kemungkinan besar smartphone akan setara dengan Android kelas menengah.

Bisa dibilang, Oppo R15 akan menjadi alternatif iPhone X versi murah.