Pixel 3
Render Google Pixel 3 XL oleh Phone Designer (credit: Twitter/Phone Designer)

Selain berkutat pada pengembangan sistem operasi Android, Google juga mencari peruntungan lewat penjualan smartphone Pixel yang mengutamakan sisi software namun secara umum menggunakan hardware usang. Google boleh punya nama besar, namun ponsel yang mereka buat hanya terjual sekitar 4 juta unit pada 2017 lalu, dibanding 200 juta unit iPhone yang ludes dalam seminggu. Akan tetapi, angka-angka pesimis tersebut tidak membuat raksasa Silicon Valley ini menyerah pada Pixel 3.

Rumor sebelumnya mengklaim Google Pixel 3 akan memulai debut pada Oktober tahun ini. Menghadirkan desain familiar dengan Pixel 2, serta hiasan notch yang terinspirasi dari iPhone X. Sebagian orang tampak tidak senang dengan identitas Pixel yang tercampur dengan produk Apple. Meski begitu, memang tidak bisa dipungkiri Apple hampir selalu mengontrol minat pasar dalam dekade terakhir.

Jika sebelumnya kita sudah melihat foto pelindung layar dan render dari Pixel 3, xda-developers baru saja mendapat foto ponsel tersebut secara eksklusif. Dari sejumlah foto yang diposting, kita bisa memprediksi terkait fitur apa saja yang akan dibawanya nanti.

Lapisan belakang diganti menjadi kaca, setelah dua ponsel sebelumnya menggunakan gabungan antara aluminium dan kaca. Sumber yang sama juga melaporkan Pixel 3 XL tetap akan hadir dengan Active Edge, serta fitur pengisian daya nirkabel untuk pertama kalinya. Soal kamera, Google masih enggan membenamkan sistem kamera ganda yang tengah populer.

Menurut rumor, Pixel 3 XL akan setara dengan smartphone flagship di tahun ini. Dibekali prosesor Snapdragon 845, RAM 4GB, dan opsi ROM hingga 128 GB.

Foto di atas merupakan versi prototipe yang mungkin saja akan ada perubahan ketika diluncurkan. Google disebut akan memboyong Pixel 3 pada Oktober mendatang, tetapi penjualan baru akan dimulai tahun depan.