Smartwatch Blocks Modular
Ini dia smartwatch yang bisa kamu pesan sesuai kebutuhanmu

Google mengumumkan Project Ara, sebuah prototipe smartphone bongkar-pasang pada 2013 lalu. Smartphone ini dilengkapi sejumlah mount, pengguna dapat mengganti beberapa komponen seperti, kamera, speaker, mikrofon, dan sebagainya. Setelah sempat menampilkan produk finalnya pada 2016 lalu, Project Ara dihentikan.

Mencoba pendekatan serupa, smartwatch bernama Blocks dipersenjatai desain modular untuk memperkaya fiturnya tanpa harus membeli produk versi terbaru. Menurut situs resmi Blocks, terdapat setidaknya 18 modul opsional seperti sensor, lampu LED, baterai ekstra, slot SIM, kamera, hingga sensor sidik jari.

Blocks Smartwatch
Ada 18 modul yang rencananya akan ditawarkan

Dengan desain tersebut, smartwach dijamin future-proof karena teknologinya bisa dipilih sesuai kebutuhan. Modul dipasang secara plug-and-play juga sebagai sabuk jam. Menurut pengembang, setiap smartwatch dapat memakai 4-5 modul secara bersamaan.

Blocks telah dipamerkan pada CES 2018 lalu. Sebelumnya, produk ini telah menjadi subjek kampanye di Kickstarter dan meraih $1,6 juta pada Oktober 2015.

Smartwach ini sendiri menggunakan layar AMOLED 1,39 inci 400×400 piksel, sistem operasi Android Oreo 8.0, baterai 350mAh, RAM 512MB, penyimpanan internal 4GB, processor quad core 1,39 GHz, WiFi, dan tentunya fitness tracker.

Baterai bawaan diklaim cukup untuk pemakaian selama 2 hari. Di samping itu, smartwatch dapat terhubung ke asisten digital, seperti Alexa.

Blocks
Harga Blocks dipatok sedikit lebih tinggi dari smartwatch di kelasnya

Tidak seperti Google Project Ara yang berakhir penutupan, Blocks dipastikan dirilis ke pasar pada kuartal awal tahun ini. Satu unit smartwatch dibanderol $259 (Rp 3,4 juta) per unitnya. Sementara untuk menambah modul baru dikenakan biaya $35 (Rp 470 ribu) per modul.

Modularitas memang menjadi daya tarik sendiri dimana konsumen dapat memilih fitur apa saja yang diperlukan sehingga ekonomis. Sebut saja komputer HP Elite Slice dan drone Pitta turut menghadirkan aroma serupa.

Ingin lihat seperti apa Blocks saat digunakan? Cek video di bawah: