Samsung Cinema LED
Layar LED untuk bioskop dari Samsung akan menjadi pertanda buruk bagi kelangsungan proyektor laser

Maret lalu Samsung memamerkan layar LED yang didesain khusus untuk bioskop. Kini perusahaan asal Korea Selatan tersebut telah menanamkan teknologinya di Lotte Cinema World Tower, Seoul.

Layar tersebut memiliki lebar 10.3 meter dengan resolusi 4K. Samsung Cinema LED juga menyertakan teknologi High Dynamic Range (HDR) yang membuat gambar lebih natural, tajam, dan cerah. Dalam rilisnya Samsung mengatakan layar memiliki rasio kontras yang hampir tanpa batas, menawarkan tingkat kecerahan hingga 10 kali dibanding proyektor laser.

Samsung Cinema LED
Baik audio dan visual diklaim menggunakan komponen terbaik

Untuk sektor audio, Samsung menggandeng Harman professional Solutions demi mendapatkan komposisi kualitas suara terbaik. Kemudian penataan suara ditangani oleh JBL. Pengalaman suara yang didapatkan membawa penonton seolah menyaksikan secara langsung adegan di dalam film.

“Dengan warna yang lebih tajam dan realistis, audio komplementer dan presentasi yang lebih tinggi, layar Cinema LED membuat penonton seolah-olah adalah bagian dari film” ujar HS Kim, President Visual Display Business Samsung.

Samsung Cinema LED
CEO Lotte Cinema berharap teknologi ini menjadi masa depan industri bioskop

Cinema LED membuka kemungkinan untuk aplikasi hiburan lain seperti konser, kompetisi video game, dan pertandingan olahraga. Saat ini Samsung berencana mengekspansi teknologinya ke seluruh bioskop di Korea Selatan, namun mereka juga sudah membidik China, Jepang, dan Amerika Serikat.