Bill Gates
(Bill Gates / Teknologi.id)

Sering bergumul dengan komputer membuat Bill Gates sedikit menjadi indigo. Sedikit? Tidak! Bahkan sepenuhnya menjadi indigo. Tak dinyana nyana, computer geek sedari kecil ini dapat meramal masa depan. Dia adalah salah satu visioner terbaik global yang masih eksis pada generasi millenial yang sering disandingkan dengan Steve Jobs yang kini sudah tinggal nama.

Berikut adalah rangkuman prediksi masa depan yang ditulis Bill Gates di bukunya “Business @ the Speed of Thought” di tahun 1999 yang benar adanya saat ini.

1999—Sekarang

1. Perangkat Mobile

Bill Gates dan perangkat mobile yang diciptakannya (nbcwatch)

Apa yang Bill Gates sabdakan:

“Semua orang akan membawa perangkat mobile yang bisa membuat semua orang terhubung dan melakukan bisnis darimana mereka mau.”

Yang kita lihat sekarang:

Perangkat mobile dimana mana, seperti: smartphone, tablet, smartwatch, dan masih banyak lagi.

2. Situs Perbandingan Harga

Apa yang Bill Gates sabdakan:

“Semua orang dapat melihat harga di beberapa situs web dan mudah menemukan produk termurah untuk semua industri sehingga semua orang dapat menemukan produk yang termurah disemua industri.”

Yang kita lihat sekarang:

Pricearea.com, Telunjuk.com untuk produk, Traveloka.com untuk harga tiket penerbangan.

3. Teknologi Keuangan (Fintech)

Apa yang Bill Gates sabdakan:

“Semua orang dapat membayar tagihan mereka, mengurus keuangan mereka melalui internet.”

Yang kita lihat sekarang:

Mengatur keuangan personal menggunakan mint.com (mint.com)

Pembayaran melalui internet sangatlah mudah, kita dapat membeli apapun dengan mudah di internet, membayar tagihan telepon dan internet, mengatur keuangan kita dengan mudah melalui aplikasi aplikasi pintar yang tersedia di Google Play Store maupun Apple Apps Store. Beberapa aplikasi terbaik yang mempermudah kita dalam pengurusan keuangan perorangan seperti, Mint.com. Atau aplikasi pengurusan keuangan bisnis seperti jurnal.com.

4. Revolusi Kesehatan Online

Apa yang Bill Gates sabdakan:

“Semua orang dapat berkomunikasi dengan dokter melalui internet.”

Yang kita lihat sekarang:

Komunikasi dengan dokter semakin mudah. Kita dapat menghubungi mereka via aplikasi chat seperti Whatsapp atau Line. Atau, kita dapat menghubungi mereka dengan bantuan aplikasi aplikasi konsultasi kesehatan masa kini seperti halodoc. Kita juga dapat membantu seseorang yang kesulitan dalam biaya kesehatan mereka melalui wecare.id.

Aplikasi konsultasi kesehatan online (halodoc.com)

5. Media Sosial

Apa yang Bill Gates sabdakan:

“Website yang membuat keluarga dan teman temanmu terhubung dan merencanakan acara apapun.”

Yang kita lihat sekarang:

Media sosial seperti facebook muncul setelah kematian friendster. Muncul juga media sosial seperti instagram dan path. Seperti apa yang disabdakan Bill Gates, aplikasi tersebut membuat kita, teman, dan sanak saudara kita terhubung dengan intens.

6. Asisten Pribadi dan Internet of Things

Apa yang Bill Gates sabdakan:

“Asisten pribadi digital akan dikembangkan, mereka akan terkoneksi dengan devicemu dengan sangat canggih. Mereka dapat digunakan di rumah atau di kantor dan mereka dapat melakukan transfer data. Asisten pribadi digital tersebut dapat membantumu mengecek email dan notifikasi dan memberikan informasi yang kamu butuhkan. Ketika kamu ke toko, asisten pribadi digital tersebut akan dapat memberitahumu resep apa yang perlu disiapkan.”

Yang kita lihat sekarang:

Amazon Echo, Apple Siri, Google Now.

7. Iklan Pintar

Apa yang Bill Gates sabdakan:

“Iklan pintar akan terdapat di devices kita. Iklan akan menyesuaikan dengan kesukaan / kegemaran kita.”

Yang kita lihat sekarang:

Kini, sasaran iklan di digital menyesuaikan dengan preferensi pengguna. Jika kita tidak menyukain iklan yang ditampilkan di timeline instagram kita, kita akan memilih pilihan bahwa iklan yang ditampilkan tidak cocok dengan kesukaan kita. Instagram adalah salah satu yang menerapkan iklan pintar yang dikatakan Bill Gates.

8. Situs Diskusi Online / Komunitas Online

Apa yang Bill Gates sabdakan:

“Komunitas online tidak lagi berdasarkan lokasi, namun berdasarkan minat.”

Yang kita lihat sekarang:

Komunitas komunitas online menjamur di internet sesuai dengan kegemaran masing masing pengguna. Seperti Kaskus yang memberikan submenu terpisah yang menyesuaikan dengan masing masing minat pengguna.

9. Rekruitmen Online

Apa yang Bill Gates sabdakan:

“Semua orang akan mencari kerja dengan mengumumkan minat, kebutuhan dan skill terbaiknya secara online.”

Yang kita lihat sekarang:

LinkedIn menyediakan sistem resume online dan sistem pencari kerja berbasis minat dan kebutuhan.

10. Situs Lelang Pekerjaan

Apa yang Bill Gates sabdakan:

“Perusahaan dapat menawarkan dan melelangkan pekerjaan ke perusahaan lain atau perorangan. Hal ini efisien untuk perusahaan besar yang ingin mengoutsource kan pekerjaan yang tidak biasa mereka hadapi, ke perusahaan atau perorangan yang mencari klien baru.”

Yang kita lihat sekarang:

Freelancer.com dan Upwork.com

Tahun 2030

Nah, setelah menelisik apa yang dikatakan Bill Gates di tahun 1999 yang terjadi pada saat ini. Mari kita simak apa kata Bill Gates soal tahun tahun mendatang khususnya 2030.

1. Taraf Hidup di Negara Berkembang akan Meningkat

Pembelajaran berbasis online lebih baik daripada pembelajaran yang terbaik saat ini. Dan ini menguntungkan negara berkembang.

2. Rakyat Miskin akan Memiliki e-Banking

“Pada 2030, 2 miliar orang yang tidak memiliki rekening bank saat ini, nantinya mereka akan memilikinya untuk menyimpan uang dan melakukan pembayaran dengan telepon mereka.”

3. Robot akan Mengambil Pekerjaan Manusia

“Robot akan mengambil pekerjaan manusia dan maka dari itu robot harus dikenai pajak.”

4. Tersedianya Vaksin HIV dan Obat Intensif Aids

“Kami optimis bahwa dalam jangka waktu 15 tahun akan bisa mendapatkan dua ‘keajaiban’ tersebut?—?vaksin HIV dan obat intensif”

Tahun 2035

Tak ada lagi negara miskin

“Saya optimistis tentang ini dan saya ingin membuat prediksi bahwa di tahun 2035, hampir tidak ada negara miskin di dunia.”

Via Teknologi.ID